Berita /

Hari Kesehatan Sedunia 2012

Hari Kesehatan Sedunia Fokus Pada Lansia

Inioke.com , Sabtu, 07 April 2012 08:42 wib

foto: dok. opie

World Health Organization, organisasi PBB ini berdiri pada 7 April. Hingga pada hari yang sama diperingati sebagai Hari Kesehatan Dunia. Tahun 2012 ini, Organisasi Kesehatan sedunia (WHO) memberi tema “Ageing and Health”, tema yang diambil untuk menandai 20 tahun Madrid International Plan of Action on Ageing 2002 atau “Rencana Madrid 2002”. Sedangkan, untuk tema nasional adalah "Menuju Tua: Sehat, Mandiri, dan Produktif."

Dari tahun 2000 sampai 2050, populasi dunia yang berusia 60 ke atas (lansia) akan menjadi lebih dari tiga kali lipat dari 600 juta menjadi 2 miliar. Penuaan adalah sebuah fenomena global. Pada tahun 2050 sekitar 80% orang tua akan hidup di negara-negara berkembang. Penuaan populasi terjadi secara paralel dengan cepatnya urbanisasi. Pada tahun 2007 lebih dari separuh populasi dunia tinggal di kota. Pada tahun 2030 angka itu diperkirakan akan meningkat menjadi lebih dari 60%. Sementara itu, WHO memperkirakan bahwa antara 4% dan 6% dari lansia di seluruh dunia telah menderita berbagai bentuk kekejaman dan kejahatan-baik fisik, psikologis, emosional, keuangan dan atau karena kelalaian. Demikian beberapa fakta yang ditulis dalam Panduan Hari Kesehatan Nasional 2012.

Peringatan Hari Kesehatan Sedunia, 7 April 2012 difokuskan pada bagaimana kesehatan lansia yang baik dapat menambah usia dan memperpanjang kehidupan, sehingga memungkinkan mereka tidak hanya hidup lebih lama, tetapi juga dapat memperluas keterlibatannya secara aktif dalam semua kegiatan di masyarakat.

Dalam panduan Hari Kesehatan Sedunia 2012, ada beberapa kegiatan yang dapat dilakukan sesuai dengan tema tahun ini. Misalnya, senam bersama, lomba jalan sehat, lomba sepeda sehat, lomba lingkungan sehat, mengkampanyekan angkutan umum yang aman, nyaman dan tempat khusus agar bisa digunakan lansia secara mandiri, mengkampanyekan pasar/ tempat umum yang bisa mendahulukan lansia, menyediakan layanan kesehatan yang ramah lansia, dan lain sebagainya.

Pada Hari Kesehatan Dunia 2012 ini, akan ada pemberian penghargaan kepada para lansia aktif sebagai penggerak/ pahlawan “kesehatan masyarakat.” Selain itu juga ada pemeriksaan kesehatan seperti skrining penyakit tidak menular, skrining masalah mental emosional, dan skrining masalah kognitif / brain screening, serta aktivitas bersama para lansia. (opie/panduanHKS2012)