Berita /

Sains

Ilmuwan AS Jadikan Kerang Sebagai Eksperimen Bio Energi

Oleh : Fajri Surya Putra , Rabu, 18 April 2012 18:54 wib

Bio Energi dari Kerang

Saat ini para ilmuwan di seluruh dunia tengah berlomba-lomba mencari sumber energi alternatif yang ramah lingkungan dan lebih efisien. Tak tanggung-tanggung hewan seperti kerang pun dapat digunakan sebagai energi listrik untuk mengaktifkan perangkat elektronik kecil.

Dikutip dari Live Science, Rabu (18/04/2012), seorang profesor bernama Evgenzy Katz dan timnya dari Clarkson University melakukan eksperimen untuk menghasilkan energi listrik dari kerang.

Untuk menciptakan bio energi dari kerang ini, Profesor Katz menancapkan elektroda ke dalam kerang. Karena keseluruhan isi daging kerang adalah darah, maka elektroda mengambil glukosa yang berada dalam darah tersebut sebagai sumber energinya.

Para ilmuwan ini berusaha untuk menghubungkan tiga kerang sekaligus dalam satu rangkaian listrik agar energinya lebih maksimal. Namun hal ini terasa sulit mengingat energi yang dihasilkan bergantung kepada kondisi kerang itu sendiri.

Tiga baterai kerang dapat membebankan kapasitor dengan hampir 29 millijoules lebih dari satu jam - cukup untuk menjalankan sebuah motor listrik sekitar seperempat putaran penuh. Sebagai perbandingan, bola lampu 75-watt menggunakan 75 joule (75.000 millijoules) per detik.

Profesor Katz menyebutkan butuh penelitian yang panjang sebelum energi listrik dari hewan hidup dapat digunakan sebagai baterai. Namun percobaan ini dapat mewakili penelitian lain bahwa sangat mungkin untuk menggunakan hewan hidup sebagai sumber bio energi. Profesor Kratz telah mempublikasikan jurnal penelitiannya ini pada tanggal 12 April lalu di jurnal Energy & Environmental Science.(*)