Berita /

Adora Svitak, Guru Termuda Dunia dan Penulis Cilik

Inioke.com , Minggu, 22 April 2012 07:35 wib

Adora Svitak

Adora Svitak, namanya. Usianya 13 pada tahun ini. Adora Lisa Svitak, lahir di Amerika tanggal 15 Oktober 1997. Dia dinilai sebagai anak jenius. Bayangkan saja, di usianya yang baru 7 tahun Adora sudah mulai mengajar. Bersamaan dengan itu ia juga sudah menerbitkan buku pertamanya Flying Fingers, yang berisi tentang cerita-cerita pendek karangannya serta tips dan panduan buat yang ingin jadi penulis.

Kejeniusannya terasah sejak ia masih kecil. Pada usia 3 tahun Adora sudah terbiasa membaca buku. Kini, ia mengaku bahwa membaca dan menulis adalah hidupnya. Dalam sehari Adora mampu membaca 2 sampai 3 buku. Salah satu buku favorit Adora adalah The Century for Young People. Buku The Century for Young People merupakan hadiah dari penulisnya, Peter Jennings. “Ini adalah buku sejarah paling bagus yang pernah saya baca,” ucap Adora dalam situs pribadinya. Selain buku tersebut, Adora juga menyukai buku-buku Little Women, Secret Garden, serial The Redwall, Inkheart, King Arthur and the Knights of the Round Table, serial Harry Potter, The Hobbit, dan The Chronicles of Narnia.

Selain itu ia juga mampu mengetik cepat dengan 80 hingga 112 kata permenit. Dengan kemampuannya itu Adora ingin memotivasi semua orang untuk menyukai membaca dan menulis.

Pad usia enam tahun, Adora Svitak mulai dikenal publik. Ia menjadi sorotan media berita di Seattle karena kemampuannya menulis. Pada usia 7 tahun ia menjadi pusat perhatian rakyat Amerika ketika buku pertamanya diterbitkan secara internasional. Dalam usianya yang sama, Adora juga mulai mengelola blog dan jurnal online.

Sejak November 2005, Adora telah mempromosikan kegiatan melek huruf dan minat dalam membaca dan menulis. Adora memberikan kuliah dengan jumlah murid yang besar, terdiri dari para siswa dan orang dewasa di seluruh Amerika Serikat dan Inggris.

Pada Januari 2007, Adora menyelesaikan novel pertamanya, Yang in Disguise, dan menjadi pembicara untuk kampanye Verizon Reads yang berkaitan dengan kegiatan melek huruf. Pada tahun itu pula, dia diberitakan sempat mengedit sebuah novel berjudul The Pickpocket Princess.

Sedangkan, pada tahun 2008, Adora menerbitkan buku keduanya Dancing Fingers yang dibantu penyusunanya oleh kakak kandungnya Adrianna yang merupakan seorang musikus.

Karena kemampuannya itu Adora sudah melanglang buana ke berbagai kota di dunia, tentu saja dengan biaya dari pihak pengundang. Dia sudah melalui ratusan wawancara, diskusi dan presentasi.Bahkan baru-baru ini dia dibayar oleh Microsoft untuk melakukan demonstrasi tentang komputerisasi pendidikan.

Pada Februari tahun 2010, Adora Svitak diberi kesempatan untuk berbicara di TED (Technology, Entertainment, Design) Conference—sebuah ajang bergengsi yang di dalam konferensi tersebut tokoh-tokoh terkenal seperti Bill Clinton, Al Gore, Richard Dawkins, Bill Gates, dan beberapa peraih hadiah Nobel, pernah berpidato.

Pada ajang TED Conference, Adora menyampaikan bahwa dunia membutuhkan pemikiran anak-anak, yaitu berupa ide-ide yang hebat, kreativitas yang tidak biasa, dan juga optimisme yang tinggi. Mimpi besar anak-anak pantas mendapatkan tempat di dunia yang terus berubah seperti sekarang ini. Adora juga mengatakan bahwa semua itu dapat dimulai dengan menumbuhkan keinginan untuk belajar dari anak-anak sebanyak keinginan untuk mengajar.

Dalam website Adora, dikatakannya bahwa membaca dan menulis adalah hidupnya. Adora berharap kesuksesannya dapat menginspirasi anak-anak lain untuk lebih menyukai kegiatan menulis dan membaca. “Saat ini, anak-anak kurang memiliki keahlian dalam membaca dan menulis, dan mereka mengatakan, ‘aku tidak suka membaca’ atau ‘aku tidak suka menulis’. Perkataan seperti itu membuatku sangat sakit ketika mendengarnya.”

Kejadian penting dalam hidup Adora adalah ketika Adora dapat membaca dan menulis dengan kata-kata yang sederhana pada umur 2 setengah tahun. Lalu pertama kali dapat membaca buku pada umur 3 setengah tahun. Mulai menulis cerita pendek pada umur 4 tahun. Mulai mengetik cerita pendek pada umur 6 tahun. Muncul di acara Good Morning Amerika dan bertemu Peter Jennings pada umur 7 tahun, dan mempublikasikan buku pertamanya pada umur 7 tahun.

Adora ingin sekali menjadi jurnalis, sejarawan, pengasih sesama manusia, kepala sekolah, guru, ahli arkeologi, aktris, dan pembawa acara talk show. (opie, berbagai sumber)