Berita /

Karya Shakespeare akan dipentaskan dalam 37 bahasa

Inioke.com , Selasa, 24 April 2012 11:01 wib

Salah satu karya Shakespeare dipentaskan dengan menggunakan tarian Haka.

Festival Shakespeare yang akan menampilkan karya dramawan Inggris yang terkenal di dunia itu -dalam sejumlah bahasa di dunia- dimulai  Senin 23 April.

Sebanyak 37 drama dengan 37 bahasa dipentaskan di sejumlah kota dunia, termasuk dengan menggunakan bahasa isyarat untuk kaum tuna rungu.

Pementasan dalam berbagai bahasa yang disebut sebagai Globe To Globe hanya satu dari bagian dalam World Shakespeare Festival yang dimulai bersamaan dengan tanggal lahir dari kelahiran dramawan tersebut.

Karya Shakespeare yang berjudul King Lear dipentaskan di Belarusia sementara Hamlet di Lithuania dan beberapa karya lainnya juga dipentaskan di beberapa kota tanah kelahirannya, Inggris.

Selain dalam berbagai berbagai bahasa -seperti Mandarin maupun Swahili- dramanya yang berjudul Othello juga ditafisrkan kembali dengan menggunakan tarian dan musik akan muda, hip-hop, maupun didasarkan pada tarian tradisional Haka, Selandia Baru.

Pentas dengan berbagai bahasa dipentaskan di Globe Theatre, London -yang merupakan replika dari teater asli yang dulu digunakan Shakespeare.

Bahasa bukan masalah

"Yang paling mengejutkan saya adalah bagaimana orang membawa Shakespeare ke dalam hati mereka di seluruh dunia."

Direktur Artistik GLobe Theater, Tom Bird, mengatakan bahwa para penonton tidak akan menghadapi kesulitan walaupun tidak mengerti bahasa yang digunakan para pemeran.

"Yang saya temukan dengan berkeliling dunia adalah bahwa Anda secara umum mendapatkan pemahaman yang luar biasa dari yang dipentaskan, bahkan dari para pemeran yang bergerak di pangggung maupun baju yang mereka gunakan."

"Yang paling mengejutkan saya adalah bagaimana orang membawa Shakespeare ke dalam hati mereka di seluruh dunia," tambahnya.

"Orang tidak melihat dia sebagai penyair Inggris tapi melihatnya sebagai bagian dari kebudayaan dunia."

Diorganisir oleh Royal Shakespeare Company, festival ini digelar hingga November antara lain di beberapa kota Inggris, seperti kota kelahirannya Stratford-upon-Avon, Newcastle, Birmingham, Edinburgh di Skotlandia maupun Eisteddfod di Wales.

Festival Shakespeare ini merupakan salah satu elemen dalam Festival London 2012 yang akan berpuncak pada Olimpiade London 2012 pada 27 Juli hingga 12 Agustus mendatang.

(sumber : bbc.co.uk)