Berita /

Ternyata Melamun Baik Untuk Otak

Inioke.com , Kamis, 26 April 2012 17:38 wib

(foto: kolom-inspirasi.blogspot.com)

Kata orang melamun itu tidak baik karena nanti bisa kesurupan. Tapi kata ilmu psikologi melamun itu baik untuk otak dan malah membuat kita bertambah pintar. Wah, kok bisa?!

Menurut sebuah jurnal yang dipublikasikan di jurnal Psychological Science seseorang yang sering melamun itu artinya memiliki ingatan yang sangat kuat, dengan kata lain orang yang sering melamun memiliki daya ingat yang kuat dan tetap dapat fokus pada pekerjaannya meskipun dia melamun.

Studi ini mempelajari hubungan antara orang-orang yang melamun karena bosan kemudian lupa apa yang mereka kerjakan dengan orang yang melamun karena memang mereka tidak begitu fokus dengan apa yang mereka kerjakan.

Untuk membuktikannya, para ilmuwan ini menguji sejumlah orang dengan rentang usia 18 hingga 65 tahun untuk mengerjakan sesuatu yang super gampang yang bahkan tidak butuh begitu banyak perhatian. Lalu dilanjutkan tes kognitif ringan dimana peserta harus mengingat kata-kata sambil mengerjakan hitung-hitungan matematika.

Hampir seluruh peserta mengaku bahwa mereka yang melamun pada saat melakukan pekerjaan yang super gampang itu menjawab semua tes mengingat kata dan menghitung hitungan matematika lebih baik.

Para ilmuwan ini kemudian menyimpulkan bahwa meskipun nyaris semua orang menjawab seluruh tes dengan sangat baik, mereka yang memiliki "Working Memory" (memori yang bekerja) lebih cenderung menggunakannya untuk melakukan sesuatu yang lebih secara mental ketimbang sesuatu yang seharusnya mereka kerjakan, dengan kata lain melamun.

Working Memory atau memori yang bekerja ini adalah kemampuan untuk memproses berbagai macam pikiran dalam satu waktu di otakmu. Misalnya, saat kamu sedang bersepeda dari rumah ke sekolah, kamu malah melamun memikirkan nanti siang mau makan bakso atau pangsit, atau kamu sedang memikirkan nanti mau pergi beli buku atau nongkrong di mal. (*)