Berita /

Teknologi

Ilmuwan Ciptakan Pisau Bedah Laser Super Akurat

Oleh : Fajri Surya Putra , Sabtu, 28 April 2012 09:30 wib

Pisau bedah laser

Sejumlah ilmuwan berhasil menciptakan sebuah pisau bedah laser model terbaru yang diklaim dapat lebih akurat dan lebih aman dalam membedah tubuh pasien tanpa harus menghadapi resiko kerusakan organ yang tinggi.

Dikutip dari Science Daily, Sabtu (28/04/2012), pisau bedah laser ini diciptakan oleh para ilmuwan dari University of Texas. Ukuran pisau laser ini lebih kecil daripada pensil, kira-kira panjangnya hanya 23 milimeter dan diameternya hanya 9.6 milimeter.

Laser yang terdapat dalam alat ini dapat ditembakkan dalam hitungan femtosecond, itu sama dengan 200 per satu juta detik per tembakan, yang dapat membedah bagian organ yang diinginkan dengan akurat.

Selain itu alat ini berbasis endoskop yang bekerja dengan dua foton fluoresensi mikroskop yang dapat melihat sel-sel dalam tubuh dengan resolusi tinggi, terlebih lagi organ yang dilihat dengan alat ini dapat dibedah dengan pencitraan tingkat sel bahkan hingga tingkat atom.

Pisau bedah laser saat ini tengah populer dalam kedokteran. Awalnya alat ini digunakan dalam pembedahan mata, namun dalam perkembangannya alat ini digunakan juga untuk operasi tumor otak, kanker payudara dan organ-organ lainnya. (*)