Berita /

Berkenalan dengan Superhero Asli Indonesia (2)

Oleh : Maghriza Novita Syahti , Minggu, 29 April 2012 08:39 wib

Superhero Asli Indonesia (2)

 7. Putri Bintang

Superhero perempuan karya Djoni Lukman (Johnlo) ini dinamai Putri Bintang. Ia merupakan tunangan dari Superhero Garuda Putih. Nama aslinya adalah Yati Suryanegara, ia mempunyai keahlian bela diri dan kelincahan yang mengagumkan. Musuh bebuyutannya sama dengan musuh Garuda Putih, seperti Mr Setan, Maut El Badut, dan Jenidroit. Putri Bintang pertama kali muncul pada tahun 1954 dalam "Terbongkarnya Rahasia Mr Setan" (Putri Bintang Series) yang diterbitkan oleh Melodie Publishing.

8. Sri Dewi

Selain Sri Asih, Ra Kosasih juga menciptakan seorang superhero wanita lagi bernama Sri Dewi. Komik Sri Dewi diterbitkan oleh penerbit Maranatha pada sekitar tahun 1973. Kekuatan Sri Dewi selain kemampuan terbang dan kekuatan super, juga kekebalan ditambah ilmu pukulan halilintar serta kemampuan bertiwikrama atau mengubah ukuran tubuhnya menjadi raksasa. Musuh bebuyutan dari Sri Dewi juga seorang penjahat wanita yang bernama Dewi Sputnik.

9. Sembrani

Sembrani juga merupakan hasil ciptaan Hasmi. Ia telah muncul dalam serial Gundala 1.000 Pendekar pada 1974 yang diterbitkan oleh Prasidha Publishing. Sembrani merupakan superhero yang bersahabat dengan Godam, Gundala, Maza, Aquanus, Tira, Merpati, Boga, Kalong, Kartubi, dan Pangeran Mlaar. Sembrani yang bernama asli Tangguh ini mampu menghasilkan atau menetralisir elekrik dan medan magnet, serta menetralkan racun. Ia juga mampu terbang, namun rentang terhadap emas. Jika melakukan kontak dengan emas, maka ia akan lumpuh selama seminggu. Musuhnya adalah serigala hitam dan gerombolan kawa-kawa. Ia merupakan pengguna teknologi.

Tangguh sedang berada di tepi kawah gas beracun di Dieng, ketika ada sesuatu yang membuatnya tertarik turun ke kawah. Sebuah pesawat angkasa ternyata telah jatuh ke dalam kawah. Kehadiran benda itu rupanya menetralisir racun gas. Lewat proyeksi 3 dimensi, Otohrb, seorang panglima perang yang telah lama mati dalam pertempuran di sistem bintang Ristuty berbicara padanya. Dia memberi Tangguh sebuah kalung yang dapat merubahnya menjadi seorang superhero yang bernama Sembrani.

10. Nusantara

Superhero yang satu ini merupakan pengguna sihir. Nama aslinya adalah Nelson, mampu terbang dan berkekuatan super. Superhero yang memiliki musuh bernama Morga ini pertama kali muncul dalam "Teror Terselubung" (Nusantara Seri) yang diterbitkan Sastra Kumala Publishing pada 1974.

11. Kalong (Calong)

Superhero yang satu ini lagi-lagi ciptaan Hasmi. Kalong pertama kali muncul dalam Calong Anak Kelelawar (Calong Seri) yang diterbitkan Prasidha Publishing pada tahun 1972. Kalong yang bernama asli Agus Supriyadi ini merupakan pelajar SD. Ia dapat terbang dan berbicara dengan hewan serta dapat memerintah mereka. Musuhnya bernama Wahkiatestu dan ia bersahabat dengan banyak superhero seperti Godam, Gundala, Maza, Aquanus, Tira, Merpati, Boga, Kartubi, Pangeran Mlaar, dan Sembrani.

Diceritakan, Agus Supriyadi bersembunyi dalam sebuah peti supaya bisa ikut dalam rombongan ekspedisi arkeologi ke pegunungan Dieng yang dipimpin oleh ayahnya. Agus yang sebetulnya tidak boleh ikut oleh orangtuanya terpaksa harus tinggal di sekitar tenda bersama seorang pegawai ayahnya. Seorang anak buah Isman yang lain ikut dalam komplotan yang akan memeras ayahnya. Menyadari bahaya dari orang yang kemudian mengejarnya, Agus berlari dan terperosok ke sebuah jurang dan pingsan.

Agus yang bangun dari pingsannya tersesat sampai ke sebuah gua. Di dalam gua yang penuh dengan kelelawar itu, Agus bertemu dengan bangsa manusia kelelawar dari kerajaan Laksa Bantala di ujung gua. Rajanya yang bernama Xamfereet memberinya sebuah benda ajaib yang bila ditempelkan di kening akan merubahnya menjadi superhero cilik yang disebut Kalong. Kalong kemudian menggagalkan usaha pemerasan anak buah ayahnya. Kalong dapat terbang seperti kelelawar, kebal senjata. Ujung jarinya bisa memancarkan sinar pemaham. Apabila sinar itu dikenakan pada hewan, maka hewan itu bisa mengerti dan berbicara untuk memberi keterangan yang jujur.

12. Boga

Boga merupakan superhero ciptaan Nono GM. Boga muncul pertama kali dalam komik serial Tira yang berjudul Raksasa Super yang diterbitkan oleh Penerbit Prasidha tahun 1979.

Boga berasal dari planet lain. Ia merupakan putra mahkota kerajaan Mriqi dari Planet Oztra. Ia datang ke Bumi guna mencari senjata yang sakti untuk mengalahkan musuh bebuyutannya, Trubaga. Setelah tiba di Bumi, boga terlibat dengan superhero lain seperti Tira, Gundala, dan lain-lain, dalam memberantas kejahatan. Boga mempunyai kemampuan untuk menembus Bumi dan hidup didalam bumi seperti layaknya manusia hidpu dipermukaan tanah. Selain itu ilmu bela diri Boga cukup memadai melawan penjahat super.

(...)

 

Baca juga : Berkenalan dengan Superhero Asli Indonesia (1)