Berita /

Pasang Halaman Facebook Palsu, Dua Orang Remaja Dituntut

Oleh : Fajri Surya Putra , Rabu, 02 Mei 2012 11:40 wib

Ilustrasi (Foto: aspanational.wordpress.com)

Kekerasan di ranah cyber atau lazim disebut cyberbullying bisa terjadi pada siapa saja, termasuk pada remaja. Baru-baru ini, seorang remaja 14 tahun asal Georgia bernama Alex Boston menuntut dua orang teman satu sekolahnya atas kasus cyberbullying.

Dilansir dari CBS Atlanta, Rabu (02/05/2012), gadis ini menuntut dua orang temannya karena telah memasang halaman Facebook yang isinya menghina. "Aku kecewa temanku berlaku seperti itu. Aku menangis. Rasanya sulit untuk pergi sekolah keesokan harinya," kata Alex.

Awalnya Alex tidak tahu mengapa ketika dia tiba di sekolah teman-temannya memandang dengan tatapan benci dan memaki-maki Alex. Sadar ada yang tidak beres, Alex berusaha mencari tahu dan menemukan ada halaman profil Facebook palsu dengan nama dan biodata dirinya meskipun foto profilnya adalah wajah Alex yang diedit hingga menggembung.

Halaman itu menyebutkan kalau Alex suka menghisap narkoba dan berbicara bahasa 'Retardish' (semacam bahasa orang ngawur di kalangan remaja AS). Tidak hanya itu, halaman profil itu digunakan oleh si pembuat untuk mengirimkan komentar-komentar tak senonoh ke teman-teman Alex dan menampilkan video dengan konten sex serta rasisme.

Alex kemudian memberitahu orang tuanya tentang hal ini yang kemudian melaporkannya ke pihak sekolah yang kemudian melaporkannya ke polisi. Saat ini juru bicara Facebook dan pihak sekolah Cobb County menolak memberikan komentar, begitupun dengan kedua teman Alex yang dituntut

Alex mendapat bantuan hukum dari StopCyberBullying.org dan setuju untuk ikut gerakan menghentikan kekerasan di dunia cyber di kalangan remaja. (*)