Berita /

113 Juta Pengguna Facebook Tidak Peduli Keamanan Privasi

Oleh : Fajri Surya Putra , Jumat, 04 Mei 2012 19:58 wib

Facebook

Yang namanya privasi di dunia maya, terutama di jejaring sosial seperti Facebook tentulah harus dijaga. Tapi sebuah fakta baru menyebutkan bahwa 113 juta pengguna Facebook di Amerika Serikat tidak menggunakan atau tidak peduli dengan fitur pengendali privasi di Facebook seperti yang dikutip dari laman Market Watch, Jumat (04/05/2012).

Fakta ini datang dari laporan Consumer Reports, sebuah organisasi independen pengawas kepuasan konsumen di AS, yang mengadakan survei tentang privasi di Facebook. Hasilnya tidak hanya seperti yang disebutkan diatas, 4,8 juta pengguna Facebook di AS memasang status mereka bepergian ke suatu tempat, tentu saja hal ini dapat mengundang maling menyusup ke rumah.

Consumer Reports juga menyebutkan 4,7 juta pengguna meng-Like halaman Facebook yang berisi tentang kesehatan atau perawatan kesehatan. Informasi ini dapat dicuri dan dimanfaatkan oleh perusahaan asuransi untuk menawarkan berbagai promosi.

Laporan dari Consumer Reports ini memang difokuskan untuk Facebook karena situs ini memiliki 900 juta pengguna di seluruh dunia dimana 150 juta diantaranya adalah pengguna dari AS. Laporan ini dapat dilihat di www.consumerreports.org.

Consumer Reports juga menemukan beberapa fakta lain mengenai pengguna Facebook di AS, yakni:

39,3 juta pengguna diidentifikasi anggota keluarga di halaman profil

20,4 juta pengguna memasukkan tanggal dan tahun lahir mereka di profil

7,7 juta pengguna meng-Like halaman yang berhubungan dengan afiliasi agama

4,6 juta pengguna mendiskusikan kehidupan cinta mereka di dinding

2,6 juta pengguna mendiskusikan penggunaan alkohol di dinding

2,3 juta pengguna meng-Like halaman berorientasi sex

Dengan predikat sebagai situs jejaring sosial nomor satu di dunia, Facebook memandang serius keamanan privasi pengguna dan terus menambah fitur keamanannya. 

Mau aman bersosialisasi di Facebook? Coba ikuti tips aman menggunakan media sosial disini. (*)