Berita /

Ramadhan Tiba, Inilah Himbauan Menag untuk Televisi

Inioke.com , Jumat, 20 Juli 2012 08:23 wib

Menteri Agama RI, Suryadharma Ali (sulsel.kemenag.go.id)

Menteri Agama telah menetapkan bahwa 1 Ramadhan dimulai pada Sabtu, 21 Juli 2012 besok. Namun, jauh hari sebelumnya, tepatnya 17 Juli kemarin, Menteri Agama RI Suryadharma Ali menghimbau para pimpinan media televisi Indonesia untuk mengatur acara dan program selama bulan Ramadhan.

Dalam himbauan tersebut, Menag mengajak media televisi untuk dapat meningkatkan peran dan kontribusinya dalam meningkatkan kualitas kehidupan keagamaan masyarakat. Hal tersebut dapat dilakukan dengan menayangkan program dan acara televisi yang bermutu dan sesuai dengan norma agama yang mencerminkan kesucian bulan Ramadhan.

Selain itu, Menag Suryadharma Ali juga menghimbau media televisi untuk membatasi dan mengurangi program dan acara keagamaan yang didominasi unsur lawakan, canda, dan jenaka yang dapat menghilangkan esensi nilai keagamaannya.

Program dan acara yang isi dan penyajiannya tidak selaras dengan nilai-nilai agama, keluhuran jatidiri dan budaya Bangsa Indonesia seperti kekerasan, kejahatan, pornografi, dan perilaku menyimpang diharapkan juga dikontrol dengan baik.

Menag Suryadharma Ali juga berharap stasiun televisi di Indonesia dapat menambah program dan acara yang bernilai edukatif dan informatif bagi pembangunan masyarakat Indonesia yang religius dan berbudaya. (kemenag)