Berita /

Ditemukan Planet Pengembara

Inioke.com , Kamis, 15 November 2012 11:17 wib

Gambar ilustrasi planet seperti Yupiter yang mengembara di antariksa karena tidak mengorbit kepada salah satu bintang (foto: NASA.gov).

Astronom telah menemukan satu planet yang bergerak melintasi antariksa, namun tidak mengelilingi atau mengorbit kepada bintang.

Pengembara kosmik semacam itu diyakini umum terjadi di alam semesta. Tetapi dekatnya jarak planet yang baru ditemukan itu ke tata surya kita - hanya 100 tahun cahaya, atau 1000 triliun kilometer, dan tidak satupun bintang di dekatnya memungkinkan tim internasional Kanada dan Eropa mempelajari sifat planet secara lebih rinci daripada sebelumnya.

Karena planet ini tampaknya kemana-mana selalu bersama sekelompok 30 bintang muda, tim peneliti mampu memastikan planet itu berusia sama - antara 50 dan 120 juta tahun. Kemudian, dengan menggunakan komputer model evolusi planet, mereka melaporkan planet itu bersuhu sekitar 400 derajat celsius, dan massa empat sampai tujuh kali lebih besar dari Jupiter.

Benda-benda yang bergerak bebas itu bisa membantu astronom semakin memahami bagaimana planet dan bintang terbentuk dan berperilaku.

Planet-planet pengembara mungkin terbentuk dari debu dan puing-puing yang sama seperti planet-planet normal sebelum dikeluarkan dari sistem surya mereka, atau mereka mungkin bintang kerdil, yang tidak pernah tumbuh cukup besar untuk memicu reaksi yang menimbulkan cahaya bintang.

 

Sumber: VOA