Berita /

Galodo Hantam Tiga Nagari di Pesisir Selatan

Inioke.com , Rabu, 30 Januari 2013 22:59 wib

Ilustrasi (sierru/inioke)

Sekitar 22 Keluarga di Kampuang Limau Puruik Kecamatan Ampek Nagari Bayang Utara Kabupaten Pesisir Selatan terpaksa diungsikan akibat galodo melanda kampung tersebut. Galodo dan longsor melanda kecamatan ini sekitar pukul 16.00 WIB petang tadi (30/1) karena tingginya curah hujan, dari pagi hingga siang.

Selain itu masyarakat di tiga nagari dalam kecamatan yang sama juga terisolasi akibat longsor yang menutup akses jalan.

“Warga di Kampuang Limau Puruik sementara terpaksa kita evakuasi ke tempat lebih aman untuk menghindari korban karena galodo melanda kampung itu sementara badan jalan ke tiga nagari tertimbun longsor di dua titik,” kata Camat Ampek Nagari Bayang Utara, Asril Pitir, seperti dikutip padangmedia.com.

Tiga nagari yang terisolasi adalah Nagari Koto Ranah, Nagari Limau Gadang dan Nagari Pancuang Taba. Ketebalan material longsor yang menutup badan jalan mencapai 2 meter sepanjang hampir 50 meter.

Longsor dan galodo juga merusak Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH) dan lahan pertanian.

Sejauh ini belum dikabarkan adanya korban jiwa, namun warga di lokasi kejadian masih was-was karena kondisi tanah di sekitar perbukitan di sepanjang jalan sangat labil. Warga diingatkan untuk tidak kembali dulu ke rumah, dan dilarang melintas di badan jalan untuk menghindari korban jiwa.

Terkait peristiwa ini, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pesisir Selatan telah menurunkan tim ke lokasi bencana.

“Tim dikirim dengan membawa bantuan makanan dan tenda serta genset untuk mengantisipasi terjadinya kekurangan pasokan makanan dan tempat berlindung warga,” kata Kepala Bidang Konsumsi dan Kedaruratan BPBD Pesisir Selatan, Hamdi.

Sumber: padangmedia.com