Rubrikasi /

Festival Film Biokonversi 2012

Mengajak Masyarakat Peduli Lingkungan

Inioke.com , Rabu, 09 Mei 2012 19:48 wib

Pemeran film \"Kembali\" yang ikut FFB 2012. (dok. FFB)

Jurusan Biologi FMIPA Unand kembali menggelar Festival Film Biokonversi (FFB), Selasa (8/4) lalu. FFB ini telah empat kali diadakan oleh mahasiswa jurusan Biologi tersebut.

Kumpulan film pendek berdurasi 7-15 menit yang diputar di Aula PKM Unand itu mampu menghipnotis dan membuat sekitar 200 penonton prihatin menyaksikan rusaknya bumi ulah tangan manusia sendiri. Menariknya film-film pendek itu produksi oleh mahasiswa Biologi sendiri. Seperti yang dipertontonkan kemarin, masing-masingnya diperankan oleh mahasiswa Biologi angkatan 2009.

Festival film yang bertema Alam Takambang Kito Hijaukan ini mencoba mengambil spirit dari falsafah Minangkabau Alam Takambang Jadi Guru. Tujuannya membuat masyarakat lebih peduli pada alam.

“Kami berharap dengan tema ini masyarakat dapat langsung menerima, karena ini di Minang dan sasaran utama kita adalah orang Minang,” ujar Riski, ketua pelaksana FFB 2012.

Nissa, salah seorang penonton, mengungkapkan, melalui film-film bertema lingkungan yang diputar tersebut, ia menyadari betapa pentingnya menjaga lingkungan.

“Kita mendapat pelajaran berharga di sini, bagaimana menjaga lingkungan menjadi lebih baik ke depannya. Misalnya, tidak membuang sampah sembarangan, dan saya baru tahu kalau mandi di kali itu berbahaya. Harusnya pemerintah juga menonton film ini dan dapat dipromosikan secara nasional agar terciptanya kebijakan-kebijakan yang lebih baik,” kata Nissa. (IKA)