Rubrikasi /

Puisi “Kelas Gersang” dari SMP 2 Limapuluhkota Juara FLS2N Sumbar

Inioke.com , Jumat, 19 April 2013 07:31 wib

Puisi berjudul “Kelas Gersang” karya Fadila Turahmi dari SMP 2 Limapuluhkota Juara I Lomba Cipta Puisi FLS2N SMP Sumbar. Sementara, Mimi Artati dengan puisi “Wanit Egah” menempati posisi Juara II, serta Rahma Hayati dari SMP 3 Payakumbuh yang puisinya berjudul “Rangkiang” meraih Juara III.

Lomba Cipta Puisi ini diikuti oleh 17 peserta dari utusan SMP kabupaten/kota se Sumatera Barat. Dewan juri yang terdiri dari penyair Papa Rusli Marzuki Saria, Hermawan, dan Mahatma Muhammad, memberikan beberapa catatan untuk diperhatikan guru dan pelatih di masa datang.

Di antara catatan dewan juri itu, keselarasan judul dan tema. Menurut Mahatma Muhammad, masih banyak puisi yang judul tidak sesuai tema. Kemudian, logika bahasanya. Meskipun puisi itu memiliki banyak metafora, namun, metafora tersebut juga mesti sesuai logika. Isi dan kreativitas menjadi catatan juri berikutnya.

“Selanjutnya, ada nilai plus pada pembacaan. Namun itu hanya penambah nilai, tertinggi tetap nilai karya atau tulisan. Jadi jangan hanya menggantung harapan pada pembacaan saja. Seperti tadi, ada yang pembacaannya bagus, tapi puisi yang dibuatnya masih longgar dan tidak kuat dalam kategori penilaian,” ungkap juri, Mahatma Muhammad. (gry)