Rubrikasi /

Disdik Kota Payakumbuh Siapkan Siswa Terbaik untuk OSN

Inioke.com , Senin, 20 Mei 2013 07:58 wib

Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh saat ini tengah mempersiapkan beberapa siswa terbaiknya untuk mengikuti Olimpiade Sains Nasional (OSN) tingkat provinsi dan tingkat nasional. Tercatat sebanyak 3 orang siswa SD yang akan berkompetisi di tingkat nasional dan 27 orang siswa SMA yang akan mengikuti kompetisi ditingkat provinsi Sumbar.

Rosi Delvia, Staff Bidang SMP/SMA Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh menyebutkan untuk beberapa hari ke depan beberapa orang siswa terbaik Kota Batiah akan mengikuti pembinaan olimpiade di SMAN 2 Payakumbuh dan SMKN 3 Payakumbuh. Siswa terpilih ini akan menerima materi pelajaran dari sebuah tim yang berasal dari Lembaga Olimpiade Pendidikan Indonesia dari Jakarta.

“Siswa-siswa peserta olimpiade tingkat propinsi dan nasional ini akan mengikuti pembinaan selama tiga hari yang bertempat di SMAN 2 Payakumbuh dan SMKN 3 Payakumbuh,” ungkap Rosi Delvia saat ditemui inioke.com di SMK Negeri 3 Payakumbuh.

Tahun ini, Kota Payakumbuh kembali mengirimkan beberapa orang siswa tingkat SD untuk bertarung di tingkat nasional pada mata pelajaran Matematika dan IPA. Ketiga siswa ini masing-masing berasal dari SD Raudhatul Jannah (RJ) yaitu M Habibi Husni, juara 2 mata pelajaran Matematika OSN Sumbar dan Aiken Jethro, juara 1 mata pelajaran IPA OSN Sumbar. Kemudian, Foresto Andrean Yudha dari SD Pius yang pada bulan April lalu berhasil menjadi juara 3 dalam mata pelajaran Matematika pada OSN Sumbar.

Sedangkan untuk kategori SMA, ada empat SMA yang akan mewakili Kota Payakumbuh untuk berlaga di tingkat propinsi yaitu SMAN 1 Payakumbuh, SMAN 2 Payakumbuh, SMAN 3 Payakumbuh, dan SMA Raudhatul Jannah Payakumbuh. Mereka akan menguji kemampuan pada sembilan mata pelajaran yaitu Matematika, Fisika, Biologi, Ekonomi, Geografi, Komputer, Astronomi, dan Kebumian.

Rosi Delvia yang didampingi Zeno Edward selaku panitia penyelenggara dari Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh berharap agar nantinya siswa yang sedang mengikuti pembinaan ini dapat lolos pada mata pelajaran yang diujikan. Sehingga dapat mewakili dan menorehkan prestasi bagi  Kota Payakumbuh dan Sumatera Barat ditingkat nasional maupun internasional.

“Kami berharap nantinya Kota Payakumbuh dapat kembali lolos tingkat nasional dan menorehkan prestasi. Ke depannya kami juga berharap agar tahun berikutnya Kota Payakumbuh dapat mengirimkan utusan dari tingkat SMP karena tahun ini kami belum berhasil mengirimkan utusan,” harap Staff Bidang SMP/SMA Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh ini. (ade)