Rubrikasi /

STAIN Bukittinggi Pilihan Mahasiswa Baru PTAIN

Inioke.com , Kamis, 27 Juni 2013 07:38 wib

Suasana ujian masuk PTAIN di STAIN Bukittinggi. (ade/inioke)

Sebanyak 887 calon mahasiswa Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri (PTAIN) se-Indonesia mengikuti ujian tulis di STAIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi, Selasa (25/6) lalu. Jumlah ini meningkat dari tahun sebelumnya yang berjumlah 700 peserta.

STAIN Bukittinggi merupakan salah satu PTAIN yang ada di Sumatera Barat selain IAIN Imam Bonjol Padang dan STAIN Batusangkar. Ketua STAIN Bukittinggi, Dr. Ismail, menjelaskan tahun ini jumlah mahasiswa baru yang akan diterima sebanyak 1.500 mahasiswa.

“Untuk tahun ini STAIN Bukittinggi akan menampung 1.500 mahasiswa dengan pembagian 40 persen dari jalur prestasi atau PMDK dan 60 persen dari SPMB PTAIN dan jalur masuk mandiri yang dilakukan oleh pihak kampus,” jelas Ketua STAIN didampingi Pembantu Ketua II Novi Hendri di ruang Ketua Jurusan Tarbiyah.

Ujian tulis yang dilaksanakan di STAIN Bukittinggi ini sama halnya dengan SPMB pada PTN. Dimana pada pilihan jurusan dan perguruan tinggi, mahasiswa dapat memilih jurusan yang ada di PTAIN se-Indonesia.

“Dalam ujian ini mahasiswa dapat memilih PTAIN mana saja di Indonesia sebagai tempat mereka akan kuliah nanti, karena SPMB PTAIN ini sama dengan SPMB pada PTN. Tapi sebagian besar yang ujian saat ini memang memilih STAIN Bukittinggi,” ungkap Dr. Ismail.

Sebagai salah satu PTAIN yang di Kota Bukittinggi, STAIN yang saat ini memiliki kurang lebih 3.226 mahasiswa ini tengah mempersiapkan diri untuk menjadi universitas. Dalam hal ini, Ketua STAIN sangat berharap sekali bahwa sistem ujian yang online dan telah berlangsung dengan baik seperti sekaran ini maka dapat memiliki input mahasiswa yang berkualitas.

“Dengan adanya sistem ini maka diharapkan nantinya input mahasiswa yang masuk ke STAIN Bukittinggi dapat berkualitas. Sehingga proses perkuliahan berjalan dengan baik dan pada akhirnya melahirkan output atau alumni yang juga berkualitas yaitu berilmu, berakhlak, dan berdedikasi,” harap Ketua STAIN Bukittinggi. (ade)