Padang, inioke.com–Orang positif COVID-19 di Sumbar terus bertambah. Setelah penambahan yang cukup signifikan dalam 2 hari belakangan, hari ini (29/4) bertambah 1 orang lagi, sehingga jumlahnya menjadi 145 orang. Jumlah ini akan terus bertambah hingga mencapai 350 orang sesuai prediksi Tim Pakar Epidemologi Universitas Andalas. Puncaknya diprediksi minggu ketiga bulan Mei nanti.

Salah satu cara menekan angka penularan yang mulai masif melalui transmisi lokal (local transmission) ini adalah dengan disiplin mematuhi semua protokol kesehatan. Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Sumbar, Jasman Rizal, menyampaikan, Pemprov Sumbar menghimbau semua lapisan masyarakat untuk mematuhi semua protokol kesehatan yang telah dikeluarkan.

“Angka dan prediksi ini bisa ditekan, jika di saat Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) ini kita laksanakan, kita patuhi sesuai aturan. Tetapi kalau kita tidak juga mematuhinya, maka prediksi tim pakar tersebut akan sangat bisa terjadi dan kemungkinan bisa lebih dari jumlah tersebut,” katanya.

Ia merinci jumlah orang positif COVID-19 di Sumbar yang mencapai 145 orang tersebut, meninggal dunia 15 orang, sembuh 24 orang, isolasi mandiri di rumah 38 orang dan di Pusat Karantina Provinsi Sumbar 26 orang.

Baca juga :  Scientia Virtual Akustik 2020 Diluncurkan

Sementara itu, Orang Dalam Pemantauan (ODP) 7.909 orang, dengan rincian proses pemantauan 447 orang, selesai Pemantauan 7.462 orang. Pasien Dalam Pengawasan (PDP) 379 orang, rinciannya, 49 orang masih dirawat di berbagai rumah sakit rujukan sambil menunggu hasil lab. Dinyatakan negatif sebanyak 323 orang dan isolasi mandiri di rumah 8 orang.

Pasien positif yang isolasi mandiri di rumah bukan pasien dari salah satu RS Rujukan 6 orang, isolasi mandiri di rumah 2 orang, di Bapelkes 1 orang dan dinyatakan sembuh sebanyak 3 orang. (gyn)