Padang, inioke.com–Lima belas orang lulus program beasiswa jurnalistik inioke.com dikumpulkan untuk pertama kalinya, setelah proses penyeleksian dan pengumuman kelulusan di kantor inioke.com Jalan Anyelir nomor 3 Kelurahan Flamboyan Baru, Padang, Sabtu (18/7). Pertemuan ini selain untuk registrasi juga sebagai perkenalan dengan manajemen inioke.com.

Pada pertemuan pertama ini, Pemimpin Redaksi inioke.com menjelaskan kepada peserta bahwa program beasiswa jurnalistik ini akan dilaksanakan selama tiga bulan dengan pertemuan dua kali tiap minggu.

“Pada setiap pertemuan, peserta akan dibekali dasar-dasar jurnalistik dari narasumber yang memiliki kapasitas dibidangnya. Tim redaksi telah menyiapkan silabus dan model pembelajaran yang akan diterima oleh peserta sehingga tujuan dari program beasiswa jurnalistik ini dapat tercapai nantinya,” jelas Eka Vidya Putra.

Sementara itu, Founder dan Pimpinan Umum inioke.com, Yusrizal KW, mengatakan, di Sumbar saat ini sedang membutuhkan secara maksimal wartawan yang memiliki skill, wawasan dan idealisme.

“Dalam kurun waktu 15 tahun belakangan, bahwasanya dunia jurnalistik khususnya di Sumatera Barat mengalami “kebuntuan kualitas”,” ucap mantan redaktur senior Harian Padang Ekspres itu.

Baca juga :  Harga masih tinggi, Agam kembali gelar operasi pasar bawang putih

Disampaikan Yusrizal KW, program Beasiswa Jurnalistik inioke.com ini, merupakan wadah untuk melahirkan jurnalis-jurnalis muda yang berwawasan, berintegritas dan literat, sehingga produk jurnalstik menjadi bermutu dan bisa dipertanggungjawabkan.

Selain itu juga hadir Wakil Pimpinan Umum inioke.com, Tomy Iskandar, menyampaikan terkait pengembangan sumber daya manusia (SDM) di perusahaan. Tomy memaparkan data yang dirilis Bank Dunia (World Bank) tahun 2018, laporan Indeks Sumber Daya Manusia (Human Capital Indeks/HCI) bagi 157 negara di dunia, Indonesia menempati peringkat 87 dari 157 negara dengan skor 0,53.

“Berdasarkan hal ini pula kami tergerak untuk membuat program ini. Setidaknya dari hal kecil ini kita dapat menginspirasi masyarakat luas agar dapat lebih kritis dan memiliki daya saing dengan negara-negara lain dalam segi SDM,” tutur Tomy.

Setelah proses registrasi ini, para penerima beasiswa ini akan mengukuti pelatihan jurnalistik yang disponsori Bank Rakyat Indonesia (BRI) Kanwil Padang. (boy)