Padang, inioke.com–Terkonfirmasi positif COVID-19 di Sumbar bertambah 10 orang lagi hari ini (2/5). Dengan demikian sudah 182 orang positif COVID-19 di ranah Minang ini.

Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Sumbar, Jasman Rizal, menyampaikan, penambahan tersebut berasal dari 3 daerah, yakni Kabupaten Dharmasraya, Kota Payakumbuh, dan Kabupaten Agam.

“Rinciannya, 7 orang dari Dharmasraya, 2 orang dari Kota Payakumbuh dan 1 orang dari Kabupaten Agam,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Pusat Diagnostik Riset Penyakit Infeksi Fakultas Kedokteran Universitas Andalas (FK-Unand), dr. Andani Eka Putra, menjelaskan, OTG dan PDP sudah dites swab. Laboratorium Diagnostik dan Riset FK Unand setiap hari menerima 300-400 sampel dari berbagai daerah di Sumbar. Bahkan, terbaru, pihaknya juga menerima uji swab dari Provinsi Bengkulu.

“Laboratorium kami menargetkan mampu memeriksa 700-800 sampel perhari sehingga mampu membantu daerah lain yang fasilitasnya terbatas,” imbuhnya.

Andani berharap masyarakat jangan panik dengan jumlah pasien positif yang melonjak drastis. Hal itu menurutnya akan membawa kebaikan dalam pemutusan rantai penyebaran.

Baca juga :  21 Penerbangan di BIM Dibatalkan Hari ini

Begitu juga dengan petugas kesehatan, tuturnya, harus tetap yakin bisa menanganani karena mereka adalah benteng terakhir perang melawan COVID-19.

“Kita harus memahami bahwa aspek penting wabah adalah penyebaran. Maka prinsip mengatasinya adalah bagaimana cara mencegah penyebaran,” pungkasnya. (gyn)