Padang, inioke.com–Bertambah 2 orang lagi terkonfirmasi positif COVID-19 di Kota Padang. Kedua orang tersebut tenaga medis yang memiliki riwayat kontak dengan pasien positif COVID-19 sebelumnya. Dengan penambahan 2 orang ini, berarti di Padang terkonfirmasi positif 8 orang.

Warga Padang yang terkonfirmasi positif Corona Virus Disease (COVID-19) bertambah dua orang lagi sehingga hingga saat ini total yang positif menjadi delapan orang.

“Saat ini 1 orang dirawat di RSUP M Djamil dan 1 orang lagi di Semen Padang Hospital,” ujar Kepala Dinas Kesehatan Kota Padang, Feri Mulyani, Jumat (3/4).

Disampaikan Feri Mulyani, saat ini terdapat lima kecamatan yang masuk zona merah yaitu Lubuk Begalung, Padang Timur, Koto Tangah, Nanggalo dan Padang Utara. Meskipun demikian, ia mengingatkan warga yang berada di zona merah tersebut untuk tidak panik. Tetap lakukan antisipasi agar tidak tertular.

Feri Mulyani menerangkan, virus corona itu hidup di inangnya yaitu manusia. Virus itu ada di saluran pernafasan dalam cairan, ketika ada yang batuk maka tutup mulut dengan tisu atau sapu tangan. Kemudian, menjaga jarak fisik agar tidak tertular dari droplet pasien positif.

Baca juga :  Bawaslu di Sumbar Laporkan 50 ASN dan Bubarkan 37 Kampanye

Kemudian yang perlu dilakukan agar tidak tertular adalah melakukan pembatasan sosial untuk menghindari terkena droplet atau cairan dari mulut dari pasien yang positif.

“Jarak droplet itu paling kurang satu meter, jadi jarak aman dengan orang lain satu meter minimal,” katanya.

Ia juga mengimbau masyarakat untuk tidak bepergian dulu ke tempat ramai. Jika terpaksa harus pergi juga, usahakan pakai masker.

Dengan bertambahnya 2 orang lagi, maka sampai saat ini sudah 15 orang terkonfirmasi positif di Sumbar. (GYN)