Jakarta, inioke.com–Setelah Wali Kota Bukittinggi, Ramlan Nurmatias, mengumumkan ada warganya yang positif COVID-19, tadi siang (26/3), angka kasus wabah tersebut terkonfirmasi di Sumbar berubah dari 0 menjadi 3. Data tersebut, sesuai dengan perkembangan terbaru kasus COVID-19 di Indonesia yang disiarkan portal resmi covid19.go.id.

Meskipun update secara nasional telah memunculkan 3 kasus terkonfirmasi, namun belum ada keterangan resmi dari Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno. Hal ini dimungkinkan sesuai dengan protokol penyampaian informasi COVID-19 yang harus satu pintu, yaitu juru bicara yang ditunjuk Presiden. Karena itu di situs informasi covid19.sumbarprov.go.id data pantauan Kamis, 26 Maret 2020, untuk sementara positif COVID-19 di Sumbar masih 0 orang. Sementara, ODP 818 orang dan PDP 22 orang.

Sebelumnya, dari hasil pemeriksaan laboratorium kedokteran Unand, diketahui 1 orang positif COVID-19. Kemudian, telah dilakukan pula penjemputan terhadap keluarga PDP tersebut untuk diisolasi di RS Achmad Mochtar Bukittinggi. Selain isolasi keluarga pasien, Pemko Bukittinggi juga menelusuri orang-orang yang pernah kontak langsung dengan pasien. (GY)