Oleh: Annisa Junaidi

Belakangan pemerintah memberikan himbauan untuk #StayAtHome alias Di Rumah Saja, tidak usah ke mana-mana. Himbauan ini bukan tanpa alasan, saat ini penyebaran wabah Corona Virus Disease atau yang lebih dikenal dengan Covid-19 belum bisa dihentikan. Vaksin dan obat-obatan untuk virus ini belum ditemukan. Satu-satunya cara adalah memutus mata rantai penyebaran virus ini.

Virus ini adalah virus yang menyebar melalui droplet alias cairan, bisa berupa batuk atau bersin yang kemudian masuk ke dalam rongga tubuh manusia lain sehingga memberikan tempat tinggal bagi virus ini untuk terus menyebar dan berkembang.

Antisipasi yang saat ini bisa kita lakukan adalah dengan menjaga jarak dengan orang lain termasuk keluarga sendiri, kenapa? Karena pada dasarnya, manusia yang sehat dan memiliki riwayat kesehatan yang baik, mampu sembuh dengan sendirinya jika memiliki virus ini di dalam tubuhnya. Tapi, waktu yang dibutuhkan untuk mengetahui seseorang memiliki virus tersebut adalah 14 hari bahkan lebih. Sehingga, sebelum virus tersebut menemukan inang barunya, alias manusia lain untuk berpindah, orang yang kemungkinan pernah terpapar virus ini sebaiknya diisolasi terlebih dahulu.

Nah, jika kita adalah orang yang mencari nafkah dan tidak bisa tetap berada di rumah seharian bagaimana?

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah jaga jarak dengan orang sekitar, baik di perjalanan, di tempat kerja atau di manapun. Hal kedua, jika memiliki kontak dengan orang lain misalnya bersentuhan tangan seperti bersalaman, atau menyentuh benda yang ada di tempat umum seperti memencet tombol lift, segerakan cuci tangan agar tangan kita yang mungkin terkena virus tidak menularkannya ke tubuh lewat mata, hidung atau mulut ketika mungkin tidak sengaja menyentuh wajah. Yang ketiga, gunakan masker atau pelindung wajah jika kita sedang batuk atau flu agar tidak menyebarkan virus ke orang lain. Keempat, jika memungkinkan, gunakan cairan disinfectant untuk membersihkan benda-benda yang mungkin akan selalu bersentuhan dengan kita selama bekerja. Yang kelima, saat pulang ke rumah, usahakan segera menaruh pakaian di tempat kain kotor dan mandi untuk membersihkan semua kotoran yang mungkin menempel selama berada di luar rumah.

Dengan begini, usaha untuk penyebaran virus diharapkan bisa berhenti di kita. Karena, jika virus bisa berhenti di kita, kita tidak menularkan pada orang lain, dan begitu terus, sehingga yang sudah masuk dalam kategori ODP atau PDP saat ini hanya perlu dipulihkan di rumah sakit dan kita semua bisa hidup normal kembali tanpa virus tersebut. Namun, jika kita masih abai dengan ini semua, virus ini akan terus menyebar hingga ke tempat dan waktu yang tidak ditentukan.

Jaga kesehatan diri sendiri untuk orang lain disekitar kita.(*)

Penulis, Aktivis Media Sosial