Padang, inioke.com–Ada 11 pasien dengan keluhan sesak napas dan suhu tubuh tinggi di RSUP M Djamil saat ini. Untuk mengantisipasi penyebaran wabah COVID-19, para pasien ini mendapat perawatan intensif. Bahkan, 7 pasien di antaranya diisolasi, terdiri dari 4 orang dicurigai MERS-Cov dan 3 pasien dicurigai COVID-19.

“Jumlah pasien yang dirawat di RSUP M Djamil Padang semakin bertambah, saat ini sebanyak 11 pasien,” kata Direktur SDM Umum dan Pendidikan RSUP M Djamil Padang Dovy Djanasdi Padang, Selasa (17/3).

Ia menyebutkan tim medis RSUP M Djamil Padang telah melakukan pemeriksaan swab hidung dan tenggorokan yang sudah dikirim ke Litbangkes.

“Namun sampai saat ini kita masih menunggu hasil uji laboratorium, termasuk satu pasien yang meninggal dunia hasilnya masih belum keluar,” kata dia.

Pejabat Pemberi Informasi dan Dokumentasi RSUP M Djamil Padang Gustafianof menambahkan RSUP M Djamil juga sempat mengisolasikan seorang penumpang pesawat Air Asia yang dirujuk ke RSUP M Djamil kemarin.

“Akan tetapi pasien yang mengalami sesak napas dan suhu badan mencapai 36,6 derajat celsius tersebut telah meninggal dunia pada pukul 21.10 WIB, kemarin,” katanya.

Baca juga :  2 Balita Diisolasi di RSUP M Djamil Padang, Satatusnya PDP COVID-19

Sebelum meninggal dunia, tim medis RSUP M Djamil telah melakukan pemeriksaan swap hidung dan tenggorokan yang akan segera dikirim ke Litbangkes.

“Kemudian setelah dimandikan jenazah akan segera dibawa ke rumahnya untuk dikebumikan,” kata dia.

Lebih lanjut ia menyebutkan RSUP M Djamil masih melakukan pemeriksaan terhadap tiga pasien lainnya dan belum bisa ditentukan harus diisolasi atau tidak.

“Tiga pasien tersebut rujukan dari salah satu RSUD di Sumbar. Sehingga total pasien yang dirawat di RSUP M Djamil saat ini berjumlah 11 orang,” kata dia.

Ia mengatakan sampai saat ini pasien tersebut belum bisa dipastikan suspect MERS-CoV ataupun COVID-19, karena masih dilakukan pemeriksaan.

“Apakah pasien sudah bisa pulang atau diisolasikan masih belum bisa dipastikan. Karena tim medis masih melakukan pemeriksaan laboratorium dan radiologi,” katanya.

Lebih lanjut ia mengatakan sampai saat ini berdasarkan hasil pemeriksaan swap hidung dan tenggorokan pasien yang sempat diisolasi sebelumnya telah diterima dari Litbangkes. Kemudian hasilnya menunjukkan pasien RSUP M Djamil Padang masih negatif COVID-19.

Baca juga :  Jurnalis dan BLK Pasaman Turun ke Jalan Bagi Masker Gratis

“Sampai saat ini pasien yang sempat diisolasi di RSUP M Djamil Padang masih belum ada yang positif COVID-19 ataupun MERS-CoV. Kita harapkan masyarakat Sumbar terhindar dari wabah COVID-19,” katanya. (io/ant)