Padang, inioke.com—Tahun ini akan menjadi tahun pertama bagi MTsS Lubuk Kilangan untuk meluluskan siswa dan siswinya, sejak berdiri pada 2017 lalu. Namun mereka akan mengumumkan nama-nama pelajar yang lulus tahun ajaran 2019/2020 melalui blog yang mereka miliki.

Ini untuk mengantisipasi agar tidak terjadinya aksi coret-coretan pakaian saat perayaan kelulusan. ”Pengumuman lulusan diumumkan melalui blog hari ini pukul 18.00 WIB. Tujuannya, agar para pelajar tidak melakukan coret-coretan pakaian,” kata Kepala Madrasah MTsS Lubuk Kilangan Zulmaidi, Jumat (5/6/2020).

Kelulusan tersebut, sambungnya, tidak hanya sejarah bagi sekolah, tapi juga menjadi catatan sejarah bagi seluruh pelajar yang lulus hari ini. ”Karena mereka lulus di tengah pandemi Covid-19 tanpa mengikuti Ujian Nasional,” ujarnya.

Hal yang sama juga disampaikan Wakil Kepala Madrasah MTsS Lubuk Kilangan Bidang Kurikulum Iswadi. Kata dia, meski Ujian Nasional ditiadakan, bukan serta merta seluruh pelajar kelas IX lulus.

”Indikator bagi sekolah untuk meluluskan siswa kelas IX yaitu melalui nilai rapor dari semester 1 sampai 5. Alhamdulillah, di MTsS Lubuk Kilangan semuanya lulus. Jumlahnya 41 orang,” katanya.

Baca juga :  550 Warga Binaan Lapas Muaro Padang Dapat Remisi Lebaran

Ditegaskannya, seluruh pelajar yang lulus hari ini diminta untuk menjaga nama baik sekolah. ”Semua pelajar tidak boleh melakukan aksi coret-coretan,” tegasnya.

Iswardi juga menyebut bagi lulusan yang lulus dan ingin mendapatkan surat keterangan lulus sementara dari sekolah untuk digunakan mendaftar ke sekolah lanjutan, maka para pelajar dapat mengunjungi blog sekolah di https://mtsluki.blogspot.com/.

”Dalam blog itu, para lulusan bisa men-download surat keterangan lulus sementara untuk dapat digunakan mendaftar ke sekolah favorit,” ujarnya.

Ia berharap semua pelajar kelas IX yang lulus pada angkatan pertama ini, untuk terus melanjutkan pendidikannya pada sekolah atau madrasah favorit yang diinginkan dan semoga sukses dalam meraih cita-citanya. (std)