Padang, inioke.com–Terkonfirmasi positif COVID-19 di Sumbar terus bertambah. Jumlahnya sekarang mencapai 55 orang, termasuk penambahan 7 orang hari ini (15/4).

Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Sumbar, Jasman Rizal, melaporkan, data hari ini jumlah keseluruhan 55 orang dinyatakan positif dan 8 orang dinyatakan sembuh. Adapun rincian pasien baru positif tersebut, 5 orang dari Padang, 1 orang dari Tanah Datar dan 1 dari Pasaman Barat.

Jasman menambahkan, 5 orang dari Kota Padang tersebut, yakni laki-laki, berusia 45 tahun, karyawan toko, sekarang isolasi mandiri di rumah. Kemudian, perempuan, berusia 59 tahun, ibu rumah tangga, yang merupakan istri dari salah seorang pasien positif yang sekarang dirawat di RSUP Dr M Djamil Padang, juga isolasi mandiri di rumahnya.

Selanjutnya, laki-laki, berusia 60 tahun, sopir. Riwayatnya, terpapar dari luar daerah Sumbar.  Kemudian, laki-laki berusia 54 tahun, dirawat di RSUP M Djamil Padang, terpapar dari salah satu pasien PDP yang sekarang juga lagi di rawat di sana. Terakhir, laki-laki  berusia 58 tahun, swasta, terpapar dari pasien positif sebelumnya yang juga lagi di rawat di RSUP M Djamil, sekarang isolasi mandiri di rumahnya.

Baca juga :  Tingkatkan Skill Selama di Rumah Saja

“Dari Pasaman Barat, seorang wanita berusia 60 tahun, ibu rumah tangga, merupakan kakak dari yang positif sebelumnya di Pasaman Barat, sekarang isolasi mandiri di rumahnya. Sementara itu dari Kabupaten Tanah Datar, pasien positifnya seorang wanita, berusia 40 tahun terpapar dari luar daerah, sekarang juga isolasi mandiri di rumahnya,” jelas Jasman.

Jasman melanjutkan, total Orang Dalam Pemantauan (ODP) 5.758 orang, dengan rincian proses pemantauan 712 orang dan selesai pemantauan 5.046 orang.

Pasien Dalam Pengawasan (PDP) 180 orang.  Dari 180 PDP tersebut, 38 orang masih dirawat di berbagai rumah sakit rujukan sambil menunggu hasil laboratorium. Negatif terinfeksi sebanyak 119 orang dan isolasi mandiri di rumah 23 orang.

Pasien positif yang isolasi mandiri di rumah yang bukan pasien dari salah satu rumah sakit rujukan total 20 orang, 17 orang masih isolasi mandiri di rumah dan telah dinyatakan sembuh/negatif sebanyak 3 orang oleh tim kesehatan. (GYN)