Subscribe Now

* You will receive the latest news and updates on your favorite celebrities!

Trending News

55 PPK Dharmasraya dilantik, KPU Sumbar : PPK harus kuasai aturan
Ketua KPU Dharmasraya Maradis (kiri) menandatangani berita acara pelantikan 55 anggota PPK setempat, di Pulau Punjung, Sabtu (29/2). (Antara/Ilka Jensen)
OKE News

55 PPK Dharmasraya dilantik, KPU Sumbar : PPK harus kuasai aturan 

Pewarta : Ilka Jansen
Editor: Ikhwan Wahyudi

Pulau Punjung, (inioke.com) – Koordinator Divisi Hukum Dan Pengawasan KPU Sumatera Barat (Sumbar) Yanuk Sri Mulyani meminta Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) yang baru dilantik menguasaiaturan agar penyelenggaraan Pilkada dapat berjalan sukses, lancar, dan aman.

“Regulasi atau aturan adalah pedoman setiap seluruh tahapan, jangan sampai bapak dan ibu PPK dalam bekerja keluar dari koridor yang ada ,” katanya saat memberi sambutan dalam pelantikan 55 anggota PPK Kabupaten Dharmasraya, di Pulau Punjung, Sabtu.

Ia berpesan PPK jangan menjadi anggota yang menganalisis dan mengkritik satu aturan, sebagai penyelenggara hanya melaksanakan seluruh tahapan pilkada sesuai aturan pada tingkat kecamatan.

Selain itu, ia meminta PPK bekerja secara transparan agar kepercayaan publik terhadap penyelenggara pemilu dapat terbangun.

“Jangan pernah ada upaya untuk menutup-nutupi suatu informasi, PPK wajib membuka informasi seluas-luasnya supaya masyarakat tidak menilai buruk penyelenggara,” ujar dia.

Kemudian, sebagai penyelenggara ditingkat kecamaat PPK harus menjaga integritas dan netralitas.

Baca juga :  Bawaslu Sumbar Tolak Semua Permohonan Fakhrizal-Genius Umar

“Sejak saudara dilantik hari ini, apapun hubungan dan ikatan dengan para kontestan ataupun partai politik harus dibatasi, karena integritas adalah harga mati yang harus dipegang PPK,” katanya.

Ia menambahkan pelantikan anggota PPK serentak dilaksanakan di seluruh kabupaten/kota yang melakukan Pilkada serentak 2020.

Sementara, Ketua KPU Dharmasraya Maradis mengatakan 55 anggota PPK yang dilantik merupakan orang-orang terbaik hasil seleksi yang dilakukan sebelumnya.

Pelamar calon PPK yang diterima KPU Dharmasraya mencapai 328 orang. Dari beberapa kali tahapan seleksi lalu kemudian ditetapkan 55 anggota PPK untuk pilkada serentak 2020.

“Jadi ada beberapa tahapan seleksi yang dilalui, diantaranya seleksi administrasi, seleksi tertulis, dan seleksi wawancara,” ujarnya.

Ia menambahkan PPK sebagai penyelenggara pada tingkat kecamatan harus menjalin komunikasi yang baik dengan bawaslu kecamatan, pemerintah daerah, kepolisian dan TNI.

Pelantikan PPK Dharmasraya dihadiri Bupati Sutan Riska Tuanku Kerajaan, Bawaslu Dharmasraya, Forkopimda, camat, dan undangan lainnya.

(ANT)

Related posts

Tinggalkan Balasan

Required fields are marked *