Padang, inioke.com–Situs Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) Sumbar kembali bermasalah. Kali ini diretas oknum yang mengaku anak SMP.

Di situs web yang dipakai untuk pendaftaran dan pengumuman siswa baru SMA dan SMK itu, oknum anak SMP tersebut mengungkapkan kekesalannya terhadap sistem web yang dikerjakan Dinas Pendidikan Sumbar bersama Universitas Negeri Padang (UNP) tersebut.

Dalam postingannya di ppdbsumbar.id tersebut, peretas menyebut aplikasi yang dibuat Disdik Sumbar dan UNP dengan kata-kata carut dalam bahasa Minang. Katanya, aplikasinya asal jadi saja yang penting cair (dana pembuatannya). Ia juga merasa kesal telah mengisi dengan jujur tetapi lawan (peserta lain) mengisi sembarangan atau asal-asalan saja malah peringkat atas.

“Makanlah dek kalian piti haram tu…,” tulis peretas anak SMP tersebut.
Ia tidak terima telah belajar 3 tahun agar bisa masuk sekolah favorit, tetapi inu yang terjadi. Di samping itu peretas juga mengajak rekan-rekannya yang lain untuk melampiaskan kekesalan atau dendam di web itu dengan mencari username saingan mereka, kemudian ubah datanya.

Baca juga :  Giliran Bupati Agam Diperiksa Polda Sumbar

Setelah berhasil diretas, pengelola langsung menutup akses ppdbsumbar.id, sehingga tidak bisa dibuka. (ioc)