Subscribe Now

* You will receive the latest news and updates on your favorite celebrities!

Trending News

73 Nagari di Pesisir Selatan tak lagi berperilaku buang air besar sembarangan
Ketua TP PKK Pesisir Selatan Lisda Hendrajoni usai deklarasi stop BABS di Kecamatan Ranah Pesisir. (ANTARA/Didi Someldi Putra)
OKE News

73 Nagari di Pesisir Selatan tak lagi berperilaku buang air besar sembarangan 

Painan, inioke.com– Sebanyak 73 dari 182 nagari di Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat masyarakatnya tidak lagi berperilaku buang air besar sembarangan (BABS).

“73 nagari tersebar di 15 kecamatan di Pesisir Selatan, khusus 10 nagari di Kecamatan Silaut semua masyarakat tidak lagi BABS,” kata Ketua TP PKK Pesisir SelatanLisda Hendrajoni usai deklarasi stop BABS di Kecamatan Ranah Pesisir, Rabu.

Sementara dari 10 nagari di Kecamatan Ranah Pesisir tiga di antaranya sudah tidak lagi BABS dan sisanya akan dituntaskan secara bertahap.

“Jelang akhir 2021 pemkab menargetkan seluruh nagari di Pesisir Selatan berhenti BABS,” kata Lisda yang juga anggota Komisi VIII DPR RI.

Mewujudkan hal itu, lanjutnya dibutuhkan sosiliasi menyeluruh ke masyarakat termasuk pengalokasian anggaran baik dari nagari maupun dari kabupaten.

Ia menyebut perilaku buang air besar sembarangan berpotensi memicu berbagai penyakit seperti diare, kolera serta menjadikan lungkungan tidak sehat.

“BABS tidak hanya merugikan pelaku namun juga keluarga hingga masyarakat sekitar,” ujarnya.

Baca juga :  Pemerintah Arab Saudi Tetap Selenggarakan Haji Namun Terbatas

Hanya saja perilaku BABS oleh sebagian masyarakat masih dilakukan karena berbagai faktor mulai dari ketidaktahuan hingga himpitan ekonomi.

“Ada masyarakat yang sadar namun tidak memiliki uang yang cukup untuk membuat jamban sehat, dalam hal ini pengalokasian anggaran dari pemerintah menjadi solusi,” ungkapnya.

Kegiatan stop BABS di Ranah Pesisir diakhiri dengan penandatangan deklarasi oleh Bupati Pesisir Selatan, Hendrajoni diwakili Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik, Emirda Ziswati, Ketua TP PKK Pesisir Selatan, Lisda Hendrajoni, Kepala Dinas Kesehatan setempat, Satria Wibawa dan lainnya. (*)

Pewarta : Didi Someldi Putra
Editor: Mukhlisun
(ANT)

Related posts

Tinggalkan Balasan

Required fields are marked *