Agam, inioke.com–Taslim Datuak Tambogo datang ke KPU Agam mengenakan pakaian khas ninik mamak Nagari Simarasok, Kecamatan Baso. Babaju sirah jo deta sagitigo. Begitu juga Syafrizal Datuak Majolelo, jas hitam basisampiang kain songket dan berkupiah hitam.

Diiringi atraksi tambua tasa, keduanya mendaftar sebagai calon bupati dan wakil bupati Agam pada pemilihan serentak 2020, Sabtu (5/9). Para ninik mamak, alim ulama, cadiak pandai, bundo kanduang, dan pemuda, serta relawan, turut mengantar Taslim ke Lubuk Basung.

Taslim menyebut hal ini sebagai bentuk perjuangan masyarakat Agam. Sebagaimana sejarah mencatat patriotisme masyarakat dalam perjuangan merebut kemerdekaan.

“Di Agam ini mengalir darah pejuang. Seperti Perang Manggopoh dan Perang Kamang. Juga ada perang-perang kecil lainnya yang tak kalah heroik,” ujar Ketua Pemuda Muhammadiyah Sumbar periode 2003-2008 itu.

Riwayat perjuangan politik Taslim mulai anggota DPRD Sumbar periode 2005-2009. Kemudian, anggota DPR periode 2009-2014. Hingga saat ini mendaftar sebagai bakal calon Bupati Agam yang diusung oleh Partai Gerindra.

Taslim juga menyampaikan tekadnya untuk menggapai Agam Madani, Sehat dan Sejahtera.

Baca juga :  Komisi I Tinjau Kesiapan KPU Sumbar dalam Pilkada 2020

“Pemerintah sebelumnya terus berupaya menciptakan Agam Madani. Kita ingin lebih lagi, yakni Madani, Sehat dan Sejahtera,” ujarnya disambut tepuk tangan meriah ratusan masyarakat Agam yang hadir saat pendaftaran tersebut.

Sementara itu, Ketua DPC Partai Gerindra Agam, Novi Irwan menegaskan, Taslim sangat layak memimpin Agam. Dia merupakan tokoh nasional yang siap memajukan Agam. Apalagi, ujarnya, Taslim merupakan titipan dua tokoh nasional yang sangat berpengaruh.

“Pasangan Taslim – Syafrizal merupakan titipan Pak Amien Rais dan Pak Prabowo Subianto untuk masyarakat Agam,” ujarnya.

Saat mendaftar ke KPU, pengurus Partai Gerindra Agam dan Taslim-Syafrizal diterima langsung oleh Ketua KPU Agam Riko Antoni, komisioner lainnya serta staf sekretariat, yang langsung memeriksa kelengkapan persyaratan yang diserahkan.

Tidak lupa Taslim menyampaikan ucapan terima kasih kepada KPU Agam yang telah bekerja dengan sungguh-sungguh.

“Mudah-mudahan Pilkada Agam bisa terselenggara dengan baik, aman dan damai,” ujarnya. (ioc)