Padang, inioke.com–Dinas Kesehatan Kota Padang merilis  405 pasien covid-19 atau sebesar 80 persen dinyatakan sembuh. Jumlah tersebut dari total pasien positif 506 orang.

Sedangkan jumlah angka kematian (case fatality rate) dari semua kasus positif sebanyak 23 orang atau sebesar 4,5 persen. Angka tersebut di bawah angka nasional 5,2 persen.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Padang dr Ferimulyani Hamid, mengatakan, sisa kasus positif (konfirmasi) Kota Padang berjumlah 78 kasus. 33 kasus diantaranya masih dirawat, 21 kasus isolasi mandiri dan 24 kasus dikarantina.

“Begitu juga halnya dengan jumlah kelurahan yang terjangkit covid-19. Dari 80 kelurahan di semua kecamatan di Kota Padang yang terjangkit covid-19, 49 kelurahan telah bebas covid-19. Tinggal 31 kelurahan lagi yang masih terjangkit,” ujarnya, Senin (29/6).

Ia menambahkan, walaupun demikian, Pemko Padang tetap menggalakkan pemutusan mata rantai penyebaran covid-19 di seluruh kelurahan di Kota Padang yang berjumlah 104 kelurahan. Dengan membentuk Kongsi Covid-19 berbasis RT/RW di seluruh kelurahan sebagai media partisipasi masyarakat dalam mengkampanyekan protokol kesehatan dan peningkatan kepedulian dan gotong-royong dalam menghadapi wabah covid-19.

Baca juga :  Penanganan Korban Kekerasan selama Pandemi harus Lebih Cermat

“Kongsi Covid-19 tersebut juga melibatkan Universitas Andalas, Forkopimda, dan unsur masyarakat lainnya”, imbuhnya lagi. (ioc/rilis)