Padang, inioke.com–Pandemi COVID-19 yang masih melanda, membuat Universitas Negeri Padang (UNP) laksanakan wisuda virtual pertama Minggu (21/6) pagi. Wisuda dilaksanakan di Auditorium UNP yang dihadiri oleh wakil rektor UNP, Dekan seluruh fakultas di UNP, dan Direktur Pascasarjana UNP

Dalam wisuda virtual pertama ini, UNP mewisuda 869 lulusan yang terdiri dari Dilpoma 2 sebanyak 219 orang, Diploma 3 sebanyak 22 orang, S1 dan D4 Kependidikan sebanyak 298 orang, S1 dan D4 Non Kependidikan sebanyak 193 orang, Magister sebanyak 107 orang dan Doktor sebanyak 30 orang.

Dalam wisuda UNP ke 119, Rektor UNP Ganefri menyampaikan pidato wusuda berjudul Adaptasi dan keberlanjutan pendidikan tinggi di masa pandemi COVID-19.

“Pandemi COVID-19 yang terjadi di tanah air telah menimbulkan dampak di berbagai sektor, termasuk pendidikan tinggi. Merespon hal tersebut, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) sejak awal telah merespon ini dengan cepat melalui Surat Edaran Nomor 3 Tahun 2020 tentang pencegahan COVID-19 pada satuan pendidikan, sehingga perguruan tinggi negeri dan swasta meniadakan kegiatan belajar mengajar di kampus dan mengalihkannya menjadi pembelajaran jarak jauh,” katanya.

Baca juga :  Gubernur Sumbar Pertimbangkan Penerapan PSBB Diperpanjang

Ia mengatakan berdasarkan survei yang dilakukan Kemendikbud pada akhir Maret hingga awal April 2020, 98 persen perguruan tinggi diseluruh Indonesia telah menjalankan pembelajaran daring.

“Artinya perguruan tinggi sudah mempromosikan pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran, karena selama ini masih sedikit sekali perguruan tinggi yang memanfaatkan teknologi untuk pembelajaran blended learning,” jelasnya.

Dalam kesempatan itu, Megawati Soekarnoputri memberikan orasi ilmiah sebagai Ketua BPIP. Ganefri juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak dan orang tua mahasiswa atas penyelenggaraan wisuda virtual pertama kampus itu. (ioc)