Padang, inioke.com–Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sumbar dan jajarannya telah memberikan 158 surat teguran dan membubarkan 109 pertemuan selama masa kampanye pemilihan serentak 2020.

Semua pelanggaran yang ditindak tersebut, kata Divisi Pengawasan Bawaslu Sumbar, Vifner, berdasarkan laporan masyarakat, temuan langsung Bawaslu Sumbar, Bawaslu Kabupaten/Kota, hingga Panwas Kecamatan.

“Kita akan terus melakukan pengawasan sampai penetapan hasil nantinya, sehingga bisa menekan pelanggaran berikutnya, termasuk money politic dalam serangan fajar,” katanya, Senin (7/12).

Ia juga menegaskan, Bawaslu memiliki tekad Pilkada Sumbar harus minim masalah, sehingga pengawasan berbagai bentuk terus dilakukan, termasuk juga meminta partisipasi masyarakat dalam melaporkan berbagai bentuk pelanggaran.

Vifner menguraikan, Teguran Tertulis Pelanggaran Protokol Kesehatan di Pilgub sebanyak 29 surat, Teguran Tertulis Pelanggaran Protokol Kesehatan di Pilbup/Pilwako 129 surat. Sementara, Pembubaran Kampanye Pilgub sebanyak 27, dan Pembubaran Kampanye Pilbup/Pilwako 82 kampanye. (ioc)

Baca juga :  74 Karyawan Positif Covid-19, BRI Kanwil Padang Lakukan Langkah Antisipatif