Padang, inioke.com–Bertambah 2 orang lagi positif COVID-19 di Kota Padang, yaitu, dari Kelurahan Flamboyan Baru, Padang Barat, dan Kelurahan Batipuh Panjang, Koto Tangah, hari ini (30/4). Dengan begitu, sudah 99 orang positif Covid-19 di Kota Padang hingga hari ini, dengan sebaran orang terjangkit virus corona ini sudah hampir merata di Kota Padang. 10 Kecamatan telah melaporkan adanya kasus ini, sementara hanya 1 kecamatan yang masih zona hijau yaitu Bungus Teluk Kabung. Bila dirinci lagi, sebanyak 41 kelurahan telah melaporkan adanya kasus.

Pegambiran Ampalu tercatat sebagai kelurahan paling banyak pasien positif yaitu 7 orang. Lalu diikuti Sawahan (6 orang), Andalas (6 orang), dan Jati (6 orang).

Juru Bicara Gugus Tugas COVID-19 Sumbar, Jasman Rizal, meminta masyarakat tetap mengikuti protokol kesehatan yang telah dibuat pemerintah. Sebab, pola penularannya tidak lagi berdasarkan import case (penularan melalui orang yang datang dari daerah terjangkit), tetapi sudah menular antar masyarakat (local transmission).

Salah satu cara menekan angka penularan yang mulai masif melalui transmisi lokal (local transmission) ini adalah dengan disiplin mematuhi semua protokol kesehatan. Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Sumbar, Jasman Rizal, menyampaikan, Pemprov Sumbar menghimbau semua lapisan masyarakat untuk mematuhi semua protokol kesehatan yang telah dikeluarkan.

Baca juga :  Nasrul Abit Serahkan Bantuan 250 Paket APD untuk RSUD MA Hanafiah Batusangkar

“Angka dan prediksi ini bisa ditekan, jika di saat Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) ini kita laksanakan, kita patuhi sesuai aturan. Tetapi kalau kita tidak juga mematuhinya, maka prediksi tim pakar tersebut akan sangat bisa terjadi dan kemungkinan bisa lebih dari jumlah tersebut,” katanya. (gyn)