Padang Pariaman, inioke.com–Surau Al Mu’min Padang Baru, Nagari Parit Malintang yang sempat viral karena aksi pengrusakan oleh oknum tak bertanggung jawab kini mulai dilirik donatur.

Berbagai bantuan mulai mengalir. Terbaru, dari Aksi Cepat Tanggap Sumbar, bantuan berupa 40 buah Al Qur’an baru diserahkan Minggu (20/12). Bantuan langsung diterima walinagari Parit Malintang, Samsurdi, didampingi sekretaris Nagari, Satriandy dan Walikorong Padang Baru, Ihsan.

Penyerahan dilakukan oleh Amelia dari ACT didampingi Afrizondi dari Masyarakat Relawan Indonesia (MRI). Kegiatan berlangsung langsung di surau Al Mu’min yang hari itu sudah tampak bersih.

Amelia menjelaskan, bantuan ini merupakan bagian dari bantuan 15.000 alquran untuk seluruh wilayah Sumbar.

“Di kawasan Piaman, kita sudah serahkan untuk 5 titik. Kita dapat informasi tentang musibahdi surau Al Mu’min lalu langsung menyerahkan ke sini,” katanya.

Afrizondi berharap bantuan ini dapat memulihkan kembali aktifitas belajar alquran yang sempat terganggu.

“Di balik tiap musibah pasti ada hikmah. Nyatanya dengan apa yang dialami oleh surau kita, ada bantuan dari saudara-saudara kita,” katanya.

Baca juga :  Padang Panjang Terima Penghargaan Government CI-EL Award 2020

Satriandy menjelaskan, musibah yang terjadi tidak hanya merusak alquran tetapi juga perlengkapan shalat, piala dan pengeras suara.

“Kami tetap menerima jika ada donatur yang peduli. Dan atas bantuan yang sudah datang, kami haturkan terimakasih,” sebutnya.

Walinagari Syamsuardi mengaku sangat terharu dengan kepedulian donatur melalui ACT dan MRI.

“Surau kami ini tidak mati. Tidak kosong seperti yang pernah dituduhkan bahwa kejadian ini terjadi karena surau dibiarkan tak terjaga,” katanya.

Disampaikannya, klarifikasi ini penting sebab sudah ada isu tidak sedap berkembang di media sosial.

“Kasus ini sudah ditangani polisi. Kami pun sudah memberi keterangan. Kami menunggu titik terang. Kita percayakan pada penegak hukum,” katanya.

Walinagari juga mengatakan sebelum ACT dan MRI sudah ada pula bantuan Al Quran baru dari ikatan alumni SMA 1 Padang Panjang. (rilis)