Padang, inioke.com–Ajudan Wakil Gubernur Sumbar positif covid-19 berdasarkan hasil pemeriksaan PCR atau swab. Sekaitan dengan temuan kasus tersebut, maka telah dilakukan tes PCR kepada seluruh ajudan, sespri, sopir dan seluruh keluarga Wakil Gubernur dengan hasil Negatif.

“Begitu pun Gubernur, seluruh keluarga, beserta sespri, ajudan, sopir serta semua staf di rumah Dinas Gubernur telah dilakukan tes swab atau PCR dengan hasil negatif pula,” ujar Kepala Dinas Kominfo Sumbar, Jasman Rizal.

Selain itu, imbuhnya, beberapa wartawan dan pejabat yang sempat kontak erat dengan ajudan Wakil Gubernur tersebut juga diperiksa swabnya, dengan hasil negatif.

“Sehubungan dengan banyaknya ditemukan kasus positif di IV Koto Kabupaten Agam, akan dilakukan swab masif dan dianjurkan Dinkes Agam koordinasi dengan Dinkes Kota Bukittinggi, karena yang positif ada punya toko di Kota Bukitinggi,” ungkapnya.

Laporan sementara hasil pemeriksaan sampel spesimen covid-19, yang dikirimkan dr Andani Eka Putra, Kamis (6/8)  pukul 05.00 WIB, terperiksa sebanyak 1.986 sampel (Lab Fakultas Kedokteran UNAND 1.906 spesimen dan Lab Veterenir Baso Agam 80 spesimen), dengan hasil diitemukan 32 sampel terkonfirmasi positif dan sembuh 10 orang.

Baca juga :  Hendri Septa Terima Aspirasi Pengemudi Ojek Online

“Penambahan positif tersebut berasal dari kiriman sampel berbagai fasilitas kesehatan Kota Padang, terkonfirmasi positif¬† 11 orang. Kiriman sampel dari Kota Solok terkonfirmasi 6 orang dan Kabupaten Solok 2 orang. Lainnya, dari Kabupaten Agam 7 orang, dan Sawahlunto 6 orang,” paparnya.

Semua sampel tersebut adalah hasil proses tracing dari warga yang sebelumnya positif dan semua yang terpapar adalah Orang Tanpa Gejala (OTG) yang kalau dengan istilah baru dinamakan Suspek.

Total sementara kasus konfirmasi positif di Sumbar sampai hari ini adalah 1.038 orang. Dari jumlah tersebut, sembuh 786 orang (75,72%), meninggal dunia 34 orang (3,29%), dirawat dan isolasi 212 orang (20,53%).

“Untuk keterangan lebih rinci dan jika ada perkembangan dan penyesuaian data lebih lanjut, nanti sore kami perbaiki dan umumkan di website resmi pemprov Sumbar,” tukas Jasman.