Payakumbuh, inioke.com—Menuju era normal baru, Pemerintah Kota Payakumbuh bersiap-siap untuk membuka sejumlah objek wisata yang ada di daerah tersebut.

Namun sebelum itu dibuka, Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kota Payakumbuh mempersiapkan Standar Operasional Prosedur (SOP). ”Kita sudah siapkan SOP untuk objek wisata unggulan kita menuju new normal (normal baru, red),” kata Pelaksana Tugas (Plt) Disparpora Kota Payakumbuh, Andiko Jumarel, Selasa (2/6).

Di antara SOP yang tengah dipersiapkan adalah memisahkan antara gerbang masuk dan keluar untuk pengunjung. Antrean di gerbang tiket juga akan diatur sesuai dengan protokol kesehatan.

”Di pintu gerbang juga harus disediakan tempat cuci tangan atau pun hand sanitizer. Pokoknya semua sarana dan prasarana untuk protokol kesehatan harus kita ikuti,” tuturnya.

Untuk pengunjung sendiri, Andiko menyebut, pihaknya juga mewajibkan penggunaan masker. Bagi yang tidak memakai masker akan disuruh pulang atau harus membeli masker sebelum masuk ke objek wisata.

”Kita juga berharap nantinya di kawasan wisata tersebut ada penjual masker untuk pengunjung,” terang Andiko.

Baca juga :  Kejari Payakumbuh geledah RSUD Adnaan WD, ada apa ya?

Meski sudah menyiapkan protokol kesehatan untuk menyambut normal baru, Andiko mengaku belum bisa memastikan kapan akan dilakukan pembukaan objek wisata di daerah tersebut.

”Ada tahapan, saat ini masih PSSB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) sampai 7 Juni nanti. Di masa new normal, masih ada fase-fasenya. Saat ini kita sudah mempersiapkan plan A, plan B, dan plan C. Kapan pun nanti dibuka kita sudah siapkan,” ucapnya.

Paling tidak, di Kota Payakumbuh ada tiga objek wisata yang menjadi andalan sebagai sumber pendapatan asli daerah (PAD). Yakni, Ngalau Indah, kolam renang, dan Panorama Ampangan. (std)