Padang, inioke.com–Universitas Andalas mulai melaksanakan kegiatan Bimbingan Aktivitas Kemahasiswaan dalam Tradisi Ilmiah (BAKTI) untuk mahasiswa baru tahun akademik 2020/2021 di tengah pandemi covid 19 secara daring.

Pelaksanaan BAKTI Universitas Andalas dilakukan secara bertahap, untuk tahap awal ini diikuti oleh mahasiswa jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan ditahap selanjutnya akan diikuti oleh mahasiswa jalur SBMPTN serta Mandiri.

Sekitar 1.821 mahasiswa baru Universitas Andalas jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) mengikuti kegiatan BAKTI ini selama dua hari (12-13 Agustus 2020) di universitas dan akan dilanjutkan di fakultas.

Pelaksanaan BAKTI tahun ini bertajuk Transformasi Menuju Keunggulan Daya Saing, Kreatif, Inovatif dan Berbudaya yang berorientasi pada program gerakan nasional revolusi mental yaitu Indonesia melayani, Indonesia bersih, Indonesia tertib, Indonesia mandiri dan Indonesia bersatu serta penguasaan ilmu pengetahuan, pendidikan karakter dan pemantapan wawasan kebangsaan.

Rektor Universitas Andalas Yuliandri, mengucapkan selamat datang kepada putra-putri terbaik bangsa dan selamat bergabung menjadi keluarga besar Universitas Andalas.

Baca juga :  Hendri Septa Serahkan Sertifikat Tanah Program PTSL Kepada Masyarakat Koto Lalang

Kegiatan BAKTI ini bertujuan untuk mengembangkan potensi mahasiswa agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, terampil, kompeten dan berbudaya untuk kepentingan bangsa sejalan dengan tujuan Pendidikan Tinggi dan Visi Universitas Andalas yaitu “Menjadi Universitas yang Terkemuka dan Bermartabat”.

“Sebagai mahasiswa Universitas Andalas harus mengetahui dan memahami seluruh informasi tentang kehidupan kampus agar segala urusan seperti rencana studi, kegiatan akademik dan non akademik dapat dilakukan dan terlaksana dengan baik tanpa mengalami hambatan,” ungkap Rektor.

Rektor menyampaikan layanan akademik dan non akademik di Universitas Andalas selama masa pandemi Covid 19 dilakukan secara daring/online. Perkuliahan pada semester ganjil 2020 dilakukan menggunakan learning management system (LMS) melalui fasilitas i-learn Unand.

Dalam hal kegiatan dan aktivitas kampus yang dilakukan secara luring/offline dilaksanakan dengan memperhatikan protokol kesehatan dengan menggunakan masker, menjaga jarak dan mencuci tangan.

Wakil Rektor III Universitas Andalas Insannul Kamil, mengatakan pelaksanaan BAKTI tahun ini secara daring/online menjadi sesuatu yang unik dan pertama kali dilakukan dalam sejarah.

Baca juga :  Dua Balita PDP di RSUP M Djamil Negatif COVID-19

Dihari pertama BAKTI menghadirkan Menteri Koodinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menkopulhukam), Mahfud MD, menyampaikan materi terkait Kehidupan Berbangsa dan Bernegara serta Pembinaan Kesadaran Bela Negara. Sedangkan hari kedua akan menghadirkan Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno untuk menyampaikan materi tentang Pembinaan Gerakan Nasional Revolusi Mental.

Lebih lanjut, ia menyampaikan mengikuti rangkaian kegiatan BAKTI di Universitas dan Fakultas diharapkan mahasiswa Universitas Andalas mampu meningkatkan kompetensi diri, kemampuan ilmu pengetahuan dan teknologi serta memiliki softskill yang mumpuni

Sementara itu, Mahfud MD menyampaikan mahasiswa baru sudah seharusnya untuk bersyukur karena diberi kesempatan menjadi mahasiswa, tidak banyak orang jadi mahasiswa di negeri ini.

“Masuk ke Universitas Andalas bukan sesuatu yang mudah karena bersaing dengan ratusan ribu calon mahasiswa lain dari Indonesia bukan hanya dari Sumatra Barat saja,” ujar Mahfud yang sebelumnya juga pernah menjabat sebagai pimpinan Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia.

Ia mengajak menjaga kemerdekaan ini agar kenikmatan untuk menjadi maju, menjadi sejahtera menjadi manusia bebas untuk berusaha bukan hanya kita yang menikmati tetapi juga generasi sesudah kita.(ioc/rilis)

Baca juga :  55 PPK Dharmasraya dilantik, KPU Sumbar : PPK harus kuasai aturan