Subscribe Now

* You will receive the latest news and updates on your favorite celebrities!

Trending News

Baru tiang pancang, Pariaman siapkan langkah lanjutkan pembangunan masjid terapung
Tiang pancang bangunan masjid terapung di Kota Pariaman, Sumbar. (Antara Sumbar/Aadiaat M. S.)
OKE News

Baru tiang pancang, Pariaman siapkan langkah lanjutkan pembangunan masjid terapung 

Pariaman, inioke.com  – Pemerintah Kota Pariaman, Sumatera Barat menyiapkan tiga alternatif untuk mendanai kelanjutan pembangunan masjid terapung di daerah itu karena sudah dua tahun berjalan realisasinya masih tiang pancang.

“Ini merupakan kerja berat karena dananya lebih dari Rp100 miliar sedangkan Pariaman keterbatasan APBD,” kata Wali Kota Pariaman Genius Umar di Pariaman, Selasa.

Untuk mengatasi hal tersebut, pihaknya telah menyiapkan cara untuk mendanai kelanjutan masjid yang akan menjadi ikon wisata religi di daerah itu.

Cara pertama yaitu dengan menjadikan masjid terapung masuk ke dalam kawasan pengembangan waterfront city atau kota tepi air Talao Pauh yang saat ini menjadi objek wisata baru di daerah itu.

Dengan hal tersebut, maka dirinya akan mengajak pihak swasta untuk ikut mengembangkan kawasan itu dan meminta dana pertanggungjawaban sosial atau CSR-nya untuk pembangunan masjid terapung.

Sedangkan cara kedua, yaitu dirinya akan mengunjungi Duta Besar Timur Tengah di Jakarta untuk menanyakan terkait ada atau tidaknya bantuan untuk masjid terapung.

Baca juga :  Presiden Jokowi : Pelonggaran PSBB agar Dilakukan Hati-hati dan Tidak Tergesa-gesa

“Siapa tahu ada pembiayaan untuk mesjid terapung di Pariaman,” katanya.

Sedangkan cara ke tiga, katanya melanjutkan yaitu dengan memfokuskan penggunaan APBD Pariaman setidaknya selama dua tahun untuk pembangunan masjid terapung itu.

Ia menyadari tidak adanya dana dari pemerintah pusat untuk pembangunan masjid terapung tersebut sehingga pihaknya harus mencarikan cara agar rumah ibadah umat Islam dan ikon wisata religi di daerah itu bisa terwujud.

Sebelumnya Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Alirman Sori menyarankan Pemerintah Kota Pariaman mengajak perusahaan atau pihak ketiga untuk membantu mempercepat pembangunan masjid terapung yang dibangun di daerah itu.

“Tapi tetapkan dulu apakah masjid itu untuk sarana ibadah atau ikon pariwisata di Pariaman,” katanya saat kunjungan ke Pariaman.

Ia mengatakan jika masjid tersebut digunakan untuk sarana ibadah maka dapat meminta pertanggungjawaban sosial perusahaan atau CSR.

Namun, lanjutnya jika masjid terapung tersebut digunakan sebagai ikon wisata maka harus ada perjanjian kedua belah pihak agar perusahaan tersebut mau membantu pembangunannya.

Baca juga :  Nasrul Abit : Perantau Jangan Kecewa, Sehabis Corona Pulanglah!

Pewarta : Aadiaat MS

Editor: Joko Nugroho
(ANT)

Related posts

Tinggalkan Balasan

Required fields are marked *