Padang Panjang, inioke.com–KPU Sumbar melakukan Gerakan Pencocokan dan Penelitian (coklit) serentak yang dimulai hari ini (18/7). Kegiatan coklit data pemilih ini dilakukan di seluruh kabupaten dan kota di Sumbar.

Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan Pemilu KPU Sumbar, Izwaryani, mengatakan, sebelum mendatangi rumah pemilih satu persatu, KPU Sumbar bersama KPU Kabupaten/Kota, serta PPK, PPS, dan PPDP melakukan apel kesiapan coklit serentak pukul 08.00 WIB tadi.

“Usai apel, dilanjutkan dengan mendatangi rumah pemilih guna melakukan coklit,” ujar Izwaryani yang akrab disapa Adiak, didampingi Kasubag Program dan Data Sekretariat KPU Sumbar Agustian, dan Staf KPU Sumbar, Neng Salmida, serta Awalius Agus.

Izwaryani berharap, melalui Gerakan Coklit Serentak (GCS) ini, selain memutakhirkan data pemilih, sekaligus mensosialisasikan Pemilihan Serentak 9 Desember 2020, sehingga target partisipasi pemilih minimal 77,50 persen bisa tercapai dalam masa pandemi Covid-19.

“Semoga dengan berbagai program dan kegiatan yang kita lakukan untuk meningkatkan partisipasi pemilih ini, bisa memenuhi target yang ditetapkan. Karena, partisipasi pemilih, sangat menentukan kualitas pemilihan serentak 2020 ini,” ungkapnya.

Baca juga :  Menjaga Keselamatan serta Kesehatan Penyelenggara dan Pemilih Tiap Tahapan

Gerakan Coklit Serentak dilakukan sesuai Surat Ketua KPU RI No. 552/PL.02.1-SD/KPU/VII/2020, tanggal 10 Juli 2020, perihal Pemberitahuan Kegiatan Gerakan Klik dan Coklit Serentak. Pleno KPU Sumbar pada 13 Juli lalu menetapkan Gerakan Coklit Serentak di Sumbar dilaksanakan pada 18 Juli.

“Meski begitu, sejak 15 Juli lalu kita sudah memulai tahapan Klik dan Coklit data pemilih ini di semua kabupaten dan kota,” jelas Izwaryani.

Sebelumnya, Izwaryani melakukan supervisi dan monitoring kesiapan Apel Gerakan Coklit Serentak di Kantor KPU kota Padang Panjang, Jumat (17/7) malam.

“Gerakan Coklit Serentak ini dilakukan untuk meningkatkan kualitas daftar pemilih serta memastikan daftar pemilih tersusun dengan baik,” tandasnya. (ioc)