Padang, inioke.com–Memerangi wabah COVID-19 di Indonesia, PT Bank Central Asia Tbk (BCA) berkomitmen untuk terus mendukung upaya penanganan serta penekanan angka pertumbuhan wabah ini. Komitmen ini diwujudnyatakan melalui donasi berupa alat-alat medis kepada sejumlah lembaga independen.

Kali ini, BCA melalui Bakti BCA memberikan bantuan kepada garda terdepan penanganan Covid-19 di Padang.

Bantuan alat pelindung diri berupa surgical mask, masker N95, sarung tangan, surgical gown dan coverall. Bantuan tersebut diserahkan langsung oleh Kepala BCA KCU Padang, Robert Siahaan, kepada Perwakilan Universitas Andalas, yang terdiri dari Prof. Ir. Abdul Hakam, MT., Ph.D, Dr. Tesri Maideliza, M.si dan Yenny Narny, SS., MA., Ph.D, Senin 12 Mai 2020. Pada hari yang sama perwakilan Unand langsung menyerahkan bantuan tersebut kepada Direktur RS Unand sekaligus Kepala Laboratorium Biomedik FK Unand, Dr.dr Andani Eka Putra, Msc.

Andani menjelaskan, kebutuhan APD sangat mendesak dibanyak rumah sakit rujukan Covid-19 di Sumatera Barat, termasuk RS Unand. Bahkan untuk saat inipun Labor Biomedik juga membutuhkan alat pelindung diri ini.

Baca juga :  Forhati Sumbar Berbagi dengan Anak Yatim dan Piatu di Kota Padang

“Sulit bagi kami untuk bergerak jika alat pelindung diri ini tidak mencukupi,” imbuhnya.

Menurutnya, bantuan BCA ini sangat berarti dalam keberlanjutan kerja tenaga medis terhadap penanggulangan pandemi ini.

Sementara itu, Robert mencermati setiap pihak memiliki peran yang penting dalam rangka melawan wabah Covid-19 dengan kapasitasnya masing-masing. BCA sebagai salah satu institusi keuangan di Indonesia turut berperan melalui penyaluran donasi kepada tenaga medis sebagai garda terdepan penanganan Covid-19.

“Oleh karena itu hari ini kami menyerahkan bantuan untuk wilayah Padang dan kedepan kami juga akan menyalurkan bantuan masker kain yang diproduksi oleh UKM setempat. Kami berupaya agar penyaluran bantuan merata ke seluruh Indonesia. Hal ini merupakan wujud kesungguhan kami dalam membantu pemerintah menangani Covid-19,” ujar Robert.

EVP CSR BCA, Inge Setiawati, menambahkan bahwa BCA senantiasa konsisten dalam memberikan bantuan terkait pandemi ini.

Sejak Maret lalu, BCA secara konsisten menyalurkan bantuan ke berbagai pihak dalam rangka membantu penanganan COVID-19 di Indonesia. Sejumlah ventilator dan alat medis lainnya telah diserahkan ke sejumlah rumah sakit, di antaranya RSPAD Gatot Soebroto, RSUPN Dr Cipto Mangunkusumo, RS Eka Hospital BSD dan RS St. Carolus Jakarta. Sebelumnya, BCA juga telah menyalurkan donasi melalui crowdfunding BenihBaik.com. Hingga saat ini, total yang telah didonasikan BCA untuk penanganan COVID-19 di Indonesia mencapai hampir Rp13 milyar.

Baca juga :  Komisi I DPRD Sumbar Ingatkan KPU Daerah Jangan Gegabah Gunakan Anggaran Pilkada 2020

“Kami berharap bantuan yang diberikan hingga hari ini dapat turut mendukung upaya tim medis dalam menangani pasien Covid-19 di Padang. Kami senantiasa berdoa untuk kesehatan tenaga medis serta kesembuhan para pasien sehingga dapat kembali sehat dan beraktivitas seperti sedia kala. Mari sama-sama memutus mata rantai penyebaran wabah ini dengan menerapkan anjuran pemerintah seperti social & physical distancing, work from home, dan lain sebagainya,” tutup Inge. (io/rel)