Amerika Serikat, inioke.com–Ketika orang berupaya membuat masker sendiri untuk menghadapi penyebaran COVID-19, ada yang terlupa. Ya, masker untuk penyandang bisu dan tuli. Kebanyakan mereka dipakaikan masker yang biasa untuk orang-orang normal. Belum ada masker khusus yang dirancang agar mereka mudah berkomunikasi.

Melihat hal demikian, Ashley Lawrence dari Eastern Kentucky University, membuat sendiri desain masker transparan di sekitar mulut. Kreatifitas Lawrence ini bisa dicobakan bagi kita yang mau berbagi masker atau memproduksinya sendiri.

“Karena kekurangan masker, semua orang membuat maskernya sendiri, jadi saya berpikir: mengapa tidak membuat untuk mereka semua? Ini adalah cara kami mengisi #HealthyatHome”,” kata Lawrence dalam postingan Facebooknya yang diunggah bersama foto dua desain masker yang dibuatnya.

Melalui bagian transparan pada masker tersebut, membantu memudahkan penyandang tuli membaca gerakan mulut. Kemudian, juga membantu menunjukkan ekspresi wajah, agar mempermudah berkomunikasi menggunakan bahasa isyarat.

Postingan Facebook Lawrence menjadi banyak perhatian orang dan mendapatkan banyak permintaan pemesanan masker. Ia pun membuka penggalangan dana melalui Go Fund Me untuk biaya produksi dan distribusi masker tersebut kepada yang membutuhkan.

Baca juga :  Dua laki-laki tertangkap diduga hubungan badan di mushala, satu orang masih remaja

Banyaknya permintaan, membuat ia dan rekan-rekannya tidak mampu memproduksi secara masif. Jalan keluarnya, ia berjanji mengunggah tutorial cara membuat masker khusus penyandang bisu dan tuli tersebut di internet. Dengan begitu, masyarakat bisa membuatnya sendiri. (GYN/National Neographic)