Subscribe Now

* You will receive the latest news and updates on your favorite celebrities!

Trending News

BPS Sumbar gandeng mahasisiswa tingkatkan partisipasi sensus daring
Gubernur Sumbar Irwan Prayitno membubuhkan tanda tangan pada pengukuhan sahabat sensus di Universitas Negeri Padang, pada Selasa (10/3). (Antara/Ikhwan Wahyudi)
OKE News

BPS Sumbar gandeng mahasisiswa tingkatkan partisipasi sensus daring 

Padang, inioke.com – Badan Pusat Statistik (BPS) Sumatera Barat menggandeng 100 mahasiswa statistik Universitas Negeri Padang untuk menyosialisasikan dan mengajak masyarakat berpartisipasi dalam Sensus Penduduk 2020 secara daring.

“Mahasiswa adalah generasi milineal yang akrab dengan teknologi dan sensus daring menyasar generasi muda, diharapkan dengan pelibatan mahasiswa partisipasi akan lebih meningkat,” kata Kepala BPS Sumbar Pitono di Padang, Selasa.

Ia menyampaikan hal itu pada rapat koordinasi kampus sensus penduduk 2020 dan pengukuhan sahabat sensus Universitas Negeri Padang.

Menurutnya hingga saat ini tingkat partisipasi warga di Sumbar untuk mengikuti sensus daring masih rendah baru 2,67 persen dari 1,5 juta jiwa hingga 10 Maret 2010.

“Padahal sensus daring tidak sulit dan waktunya hanya lima menit saja serta cukup menyiapkan kartu keluarga,” kata dia.

Ia berharap mahasiswa bisa mengajak dan mendampingi masyarakat dalam melaksanakan sensus daring sehingga angka partisipasi meningkat.

Pitono menyebutkan untuk sensus daring hingga saat ini partisipasi yang tertinggi berasal dari Padang Panjang, Kabupaten Dharmasraya dan Kota Padang.

Baca juga :  Jorong Gantiang Agam Direndam Banjir

Jika hingga akhir bulan tidak mengikuti sensus daring maka warga akan didatangi oleh petugas untuk didata mulai 1 sampai 31 Juli 2020, kata dia.

Ia mengakui kesadaran masyarakat melaksanakan sensus daring masih rendah terutama pemahaman terkait pentingnya data kendati ketertarikan terhadap teknologi cukup tinggi.

Untuk mewujudkan satu data kependudukan Indonesia pada sensus penduduk 2020 BPS mengambil data dasar dari Dukcapil.

Selain itu pada Sensus Penduduk 2020 BPS menggunakan tiga cara pengumpulan data yaitu secara daring, wawancara menggunakan gawai dan penggunaan kuesioner.

Untuk metode daring masyarakat bisa mengakses http://sensus.bps.go.id pada Februari hingga Maret 2020, ujar dia.

Kemudian pencacahan lengkap bagi warga yang tidak melakukan sensus daring pada Juli 2020 dengan melakukan pemeriksaan daftar penduduk, verifikasi lapangan, dan pencacahan lengkap.

Berikutnya pencacahan sampel pada Juli 2021 berupa pengumpulan data dan informasi kependudukan dan perumahan untuk menghasilkan berbagai parameter demografi dan indikator sosial lainnya dengan 82 variabel.

Sementara Gubernur Sumbar Irwan Prayitno menyambut baik pelibatan mahasiswa dalam sosialisasi sensus daring sehingga partisipasi bisa meningkat.

Baca juga :  Berbahaya, WHO Tak Sarankan Semprot Disinfektan ke Orang

Ia berharap lewat sensus penduduk 2020 lahir data kependudukan yang akurat dan menjadi acuan dalam melaksanakan program pembangunan.

Pewarta : Ikhwan Wahyudi
Editor: Joko Nugroho
(ANT)

Related posts

Tinggalkan Balasan

Required fields are marked *