Padang, inioke.com—Seekor buaya muara sepanjang 80 sentimeter memasuki rumah warga di Kota Padang, pada Rabu (3/6/2020). Tepatnya di Perumahan Pemda, Kelurahan Koto Lua, Kecamatan Pauh, Kota Padang.

Hewan dengan nama latin Crocodylus Porosus itu berhasil dievakuasi petugas dari Dinas Pemadam Kebakaran Kota Padang dari dalam kamar mandi warga tersebut, sekitar pukul 09.00 WIB. Ini setelah dilakukan usaha penangkapan sekitar 1,5 jam.

Kabid Operasional Dinas Pemadam Kebakaran Kota Padang, Basril mengatakan, saat akan dievakuasi buaya muara tersebut sangat lincah karena masih tergolong anak. Menurut saksi mata di lapangan, ia melihat buaya saat hendak ke dapur dan lari ke kamar mandi.

“Warga khawatir apakah ada yang lainnya yang jelas ini kita amankan dulu,” katanya di Kantor Dinas Pemadam Kebakaran Kota Padang. Basril menambahkan, buaya itu berumur sekitar dua hingga tiga bulan. ”Jika sudah mencapai 1,5 meter itu bisa membahayakan warga sekitar,” ujarnya.

Kasatwil Polhut Sumbar Sarni mengatakan, buaya muara ini diserahkan ke ahlinya di BKSDA, standar operasional prosedur (SOP) ada di sana. ”Kita akan lakukan pengecekan kesehatannya dulu, bagaimana nantinya apakah dikarantina atau tidak,” terangnya.

Baca juga :  Bawaslu Sampaikan Empat Tahapan Pilkada 2020 Rawan Politik Uang kepada KPK

Sementara itu Dansatgas BKSDA Sumbar Joni Akbar mengatakan, tempat penemuan buaya tersebut bukanlah habitatnya. Saat ini habitat buaya muara memang terancam atau diambang kepunahan, karena garis sepanjang pantai Sumbar sudah banyak dijadikan pemukiman.

”Habitatnya ya di muara atau sepanjang garis pantai. Untuk itu akan kita lakukan pengecekan langsung di lapangan apakah buaya ini peliharaan atau tidak,” ucapnya. (std)