Payakumbuh, inioke.com—Dalam tiga hari ini seluruh aparatur di tingkat kecamatan dan kelurahan dibantu oleh PSM dan TKSK akan bekerja keras. Termasuk tim dari Verivali yang akan menentukan penerima bantuan sosial tersebut.

Hal tersebut diungkapkan Camat Latina David Bachri Sabtu (30/5/2020). Selain itu, untuk memastikan bantuan sosial (bansos) dari APBD Kota Payakumbuh tepat sasaran Kecamatan Lamposi Tigo Nagori menggelar apel persiapan checking calon penerima bansos. Apel tersebut digelar di Halaman Kantor Camat Lamposi Tigo Nagori, Sabtu (30/05/2020).

”Dalam proses verifikasi dan validasi data ini, tim verivali harus turun lapangan ke rumah masing-masing usulan penerima bansos. Sebab kita diberikan tanggung jawab oleh
pimpinan untuk melakukan verifikasi data calon penerima bansos yang bersumber dari APBD tingkat kota,” kata David Bachri.

Sehingga dikatakannya, pihaknya akan memastikan apakah data yang diusulkan kemarin. Baik itu yang berasal dari tingkat kelurahan maupun dari OPD, betul-betul layak untuk dibantu. Sebab penentuan penerima bantuan ini harus sesuai dengan kriteria yang sudah ditetapkan oleh Perwako 16 tahun 2020 dan bukan berdasarkan asul
usul saja.

Baca juga :  Cegah Penyebaran COVID-19, Nagari di Agam Buka Posko

David Bachri menjelaskan saat ini jumlah penerima bansos Pemko Payakumbuh belum bisa dipastikan. Tapi setelah tiga Hari ini maka data tersebut baru bisa didapatkan setelah adanya verifikasi yang dilakukan oleh Tim Verivali.

”Jumlah pastinya kita tunggu hasil verifikasi yang dilakukan petugas Verivali yang hari ini mulai turun. Sebab data saat ini tidak tutup kemungkinan bertambah atau berkurang,” katanya.

Apel persiapan checking calon penerima bansos sendiri diikuti oleh enam lurah yang tersebar di wilayah Latina. Kemudian juga dihadiri oleh Babinsa dan Bhabinkantibmas yang bertugas mengawal dan menjaga keamanan selama proses verifikasi berjalan hingga akhirnya diterima oleh warga penerima bantuan sosial dari dana APBD Kota Payakumbuh. (std)