Padang, inioke.com– Setiap siapa saja yang masuk melalui perbatasan Provinsi Sumatera Barat, harus melalui pemeriksaan ketat. Pemeriksaan melalui perbatasan ini, upaya pemerintah mewaspadai penyebaran COVID-19. Mulai penumpang, supir, termasuk masyarakat yang melintas di area tersebut, dicek kesehatannya oleh aparat gabungan.

Hal di atas, menurut Gubernur Sumatera Barat,  merupakan bagian lain upaya pemerintah mengantisipasi penularan wabah corona virus di Ranah Minang. Kata gubernur, posko pemeriksaan lintas provinsi dijaga oleh petugas pemeriksaan kesehatan, personil Satpol PP, BPBD dan instansi terkait.

“Tim personil yang ditempatkan di wilayah perbatasan, nantinya membedakan sesuai dengan kategori yang dialami pengunjung, dengan tujuan memastikan para pendatang tidak terkontaminasi dengan corona,” jelas Irwan, Sabtu, 4 April 2020 .

Adapun yang dilakukan saat pemeriksaan kesehatan antara lain pengecekan suhu badan, pengecekan kesehatan ringan dan juga penyemprotan disinfektan yang dilanjutkan dengan mengisi formulir data yang telah disediakan oleh petugas. Karena itu, diharapkan, keberadaan posko juga nantinya bisa mencegah penularan COVID-19 melalui pemudik pulang kampung.

Baca juga :  Waspada Corona, Bupati Instruksikan Dua Pasar di Pesisir Selatan Ditutup

Kepada petugas Gubernur Irwan berpesan, dalam tugas lapangan harap menjaga kesehatan dengan baik, pergunakan alat-alat sesuai dengan kebutuhan, terutama bagi petugas pemeriksaan yang langsung kepada warga yang baru datang.(*)