Padang, inioke.com–Penetapan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur dalam Pemilihan Serentak Lanjutan 2020 oleh KPU Sumbar dilakukan melalui rapat pleno tertutup, besok (23/9). Hal ini dilakukan dalam upaya mencegah penularan covid-19.

Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan Pemilu KPU Sumbar, Izwaryani, mengatakan, orang yang hadir dalam pleno tersebut juga dibatasi. Yaitu, para komisioner dan sekretaris, serta pasangan calon. Sedangkan, tim kampanye dan saksi dari parpol pengusung yang hanya dihadiri dua orang saja. Kemudian satu orang penghubung dari masing-masing pasangan calon. Bagi pasangan calon yang diusung lebih dari dua partai pengusung, tetap yang dibolehkan masuk hanya dua orang yang ditunjuk oleh partai pengusung.

“Sedangkan untuk tahapan pengundian nomor urut tidak berbeda dengan penetapan tersebut,” ujarnya.

Izwaryani juga menyampaikan, dalam masa kampanye, para pasangan calon dan tim sukses harus patuh pada protokol kesehatan. Begitu juga pada tahapan pemungutan suara nanti, agar petugas dan pemilih serta para saksi pasangan calon, memperhatikan protokol kesehatan. Sedapat mungkin dihindari kontak fisik dan menjaga jarak, serta menghindari kerumunan di TPS. (ioc)

Baca juga :  Tidak Terdata sebagai Penerima Bantuan Dampak COVID-19, Warga Painan Induk Protes