Padang, inioke.com–KPU Sumbar melakukan tes swab untuk memastikan penyelenggara pilkada 2020 sehat dan bebas covid-19. Tes swab ini juga sebagai upaya mencegah timbulnya klaster penyebaran covid-19 dalam pemilihan serentak lanjutan.

Tes swab diikuti komisioner KPU Sumbar bersama sekretaris dan staf sekretariat, Kamis (1/10). Selain itu, juga ada anggota DPRD Sumbar, Nurfirmanwansyah, yang kebetulan berada KPU Sumbar, serta wartawan dan masyarakat sekitarnya.

Ketua KPU Sumbar, Amnasmen, mengatakan, tes swab wajib dilakukan KPU sesuai aturan penyelenggaraan pemilihan serentak lanjutan 2020.

“Kita wajib melakukan hal ini karena akan berhadapan dengan banyak orang dalam penyelenggaran pilkada, dari semua tahapan sampai hari-H dan pasca pemilihan,” tegas Amnasmen.

Sementara itu, Kasubag Teknis dan Hupmas KPU Sumbar, Jumiati, menyampaikan tes swab ini memberikan bukti pada publik kalau patuh pada aturan berlaku, sehingga tidak ada keraguan masyarakat terhadap penyelenggara.

“Kita menunjukkan pada publik atau masyarakat banyak, kalau kita mengikuti aturan. Mengikuti protokol kesehatan serta melakukan pemeriksaan,” ujarnya. (ioc)

Baca juga :  KPU Siap Selenggarakan Pemilihan Serentak 2020 Dalam Kondisi Apapun