Agam, inioke.com–Pencegahan terhadap wabah Corona atau COVID-19 mulai dilakukan masyarakat nagari-nagari di Agam. Peran aktif masyarakat tersebut terlihat di Nagari Pakan Sinayan dan Tiku V Jorong.

Di Nagari Pakan Sinayan, Kecamatan Banuhampu, dilakukan penyemprotan desinfektan di rumah ibadah, Selasa (24/3). Sebelum penyemprotan, dilakukan aksi bersih-bersih, seperti mencuci karpet, mukena, pel lantai, serta membersihkan pekarangan masjid dan musala.

Wali Nagari Pakan Sinayan, Hendri Supatman Dt Kayo Nan Kuniang menyebutkan, untuk sementara masjid atau musala tidak pakai karpet, dan mukena yang biasanya tersedia di masjid disimpan dulu. Bagi jamaah yang melaksanakan ibadah, agar membawa sejadah dan mukena dari rumah masing-masing.

“Kita mengharapkan masyarakat memaklumi situasi di lapangan terkait penyebaran COVID-19. Karena ini salah satu langkah mengatasi virus agar tidak menyebar lebih luas,” ujarnya.

Gotongroyong ini dilaksanakan bersama aparatur nagari, babinkamtibmas, babinsa, bidan desa, dan warga. Mereka bahu membahu melakukan aksi bersih-bersih.

Sementara di Nagari Tiku V Jorong, Kecamatan Tanjung Mutiara, warga membangun posko khusus penanganan penyebaran COVID-19. Posko tersebutkan menjadi sentral informasi dan sosialisasi bagi masyarakat tentang COVID-19, langkah antisipasi penyebarluasan berbagai instruksi, dan himbauan bupati Agam, serta berbagai langkah lain yang harus dilakukan bersama.

Baca juga :  Satpol PP Tanah Datar Bagikan Masker ke Pedagang Pasar Batusangkar

Menurut Kasi PEM Kecamatan Tanjung Mutiara, Weri Ikhwan, posko khusus sengaja dibangun di wilayah Nagari Tiku V Jorong, karena warga yang berada di nagari tersebut pekerja perkebunan yang datang dari luar daerah, sehingga pola pengawasan harus dilakukan secara ekstra, dengan tim khusus yang mendatangi lokasi pemukiman dan lokasi kerja.

Langkah-langkah antisipasi dilakukan dengan kegiatan pembersihan berbagai sarana ibadah, perkantoran, penyemprotan desinfektan, termasuk pengawasan medis bagi warga yang baru kembali dari luar daerah. (SSC)