Padang, inioke.com– Indonesia menempati posisi ke-34 dari seluruh negara yang terjangkit Covid-19. Per hari ini, virus corona COVID-19, telah menyebar di 280 kota/ kabupaten, pada 34 provinsi di seluruh Indonesia. Posisi pertama diduduki oleh Amerika Serikat di mana kasus positifnya berjumlah 830.053 orang.

Hal itu disampaikan oleh Juru Bicara Penanganan COVID-19 di Indonesia, Achmad Yurianto. Menurut dia, angka penyebaran tersebut tidak bisa dikatakan seluruh wilayah sudah ikut terdampak. Hal ini, kata Yuri melalui konferensi pers yang disiarkan langsung melalui Youtube BNPB, Sabtu (25/4/2020), perlu dipahami, bahwa dari kota-kota tersebut, mungkin saja beberapa kecamatannya saja yang terdampak.

Sebagaimana biasanya, Yuri juga mengingatkan kepada masyarakat, untuk mematuhi anjuran pemerintah agar terhindar dari penyebaran Covid-19.

Untuk data pasien yang terkumpul hingga Sabtu ini, Yuri memaparkan ada 8.607 orang yang dinyatakan positif Covid-19. 1.042 orang sembuh, dan 720 orang dinyatakan meninggal dunia.

Selain itu ada 206.911 orang yang masuk ke dalam kategori Orang Dalam Pemantauan (ODP) dan 19.084 orang yang masuk ke dalam kelompok pasien dalam pengawasan (PDP).

Baca juga :  Bupati Hendrajoni dorong pesepakbola Pesisir Selatan terus asah kemampuan

Dengan data dan fakta yang ada, Yuri menginmbau masyarakat untuk meningkatkan imunitas tubuh, istirahat yang cukup serta hidup yang sabar dan tidak panik. Selain itu perlu di rumah saja, jaga jarak, cuci tangan pakai sabun dengan air mengalir dan jika harus keluar harus pakai masker.(iok)