Padang, inioke.com–Dari 687 spesimen (655 Lab Fak Kedokteran Unand dan 32 Lab Veteriner Baso Agam), terkonfirmasi pertambahan positif terinfeksi covid-19 sebanyak 14 orang, Selasa (4/8). Kasus positif tersebut terdiri dari pemeriksaan sampel di Kota Padang 9 orang positif, dan di Baso 5 orang positif. Sedangkan sembuh bertambah 3 orang.

“Namun berdasarkan data yang ada, kami masih tracking dan tracing serta komunikasi dengan beberapa rumah sakit pengirim untuk memastikan dari daerah mana pertambahan positif tersebut. Karena ada yang berasal dari Bengkulu, Lampung dan kiriman sampel Padang Sidempuan,” ungkap Jubir Percepatan Penanganan Covid-19 Sumbar, Jasman Rizal.

Jasman mengimbau bagi siapapun yang baru pulang bepergian dari luar sumbar, terutama dari daerah yang kategori merah (pulau Jawa dan sebagian provinsi lainnya di Indonesia), sebaiknya begitu mendarat di Bandara Internasional Minangkabau (BIM) segera lakukan tes PCR/SWAB secara gratis.

Khusus aparatur negara, pemerintahan, BUMN, BUMD, tanpa kecuali, diwajibkan lakukan tes PCR di BIM jika memasuki Sumbar.

“Disamping itu, kita juga tak bosan-bosannya meminta kepada masyarakat agar disiplin menjalani protokol kesehatan untuk mengatasi perkembangan covid-19. Pakai masker, hindari kerumunan, sering cuci tangan, pulang kerumah dari manapun ganti pakaian dan langsung mandi. Hindari beli makanan yang terbuka. Ingatkan pelayan makanan untuk tetap pakai masker dan dilarang keras pelayan makanan bicara didepan makanan, walaupun pakai masker,” imbaunya. (ioc)

Baca juga :  Masuki Era New Normal, Pemko Bukittinggi Izinkan Shalat Berjamaah di Masjid